Kemenangan Girmay, Sejarah Baru Pembalap Afrika


Biniam Girmay (Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux) membuat kejutan. Pembalap asal Eritrea ini juara Gent-Wevelgem 2022, Minggu (27/3). Inilah kemenangan pertama di WorldTour bagi pembalap 21 tahun itu. Sekaligus modal untuk tampil di Giro d'Italia tahun ini.

Girmay baru naik ke pentas WoldTour musim lalu. Ia direkrut Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux pada Agustus 2021. Girmay langsung diganjar dengan kontrak jangka panjang, hingga akhir musim 2024. Runner-up Kejuaraan Dunia Road U-23 2021 itu mulai menunjukkan tajinya pada musim ini.

Ia membuka musim 2022 dengan menjuarai Trofeo Alcúdia. Kemudian berulang kali finis di sepuluh besar di lomba bergengsi seperti Paris-Nice, Milan-Torino, hingga E3 Saxo Bank Classic. Mantan pembalap tim Delko ini akhirnya meraih kemenangan pertamanya di WorldTour di Gent-Wevelgem 2022.

Girmay menuntaskan balapan sepanjang 248,8 kilometer itu dengan catatan waktu 5 jam 37 menit 57 detik. Ia mengungguli Christophe Laporte (Jumbo-Visma) dan dan Dries van Gestel (TotalEnergies) dalam adu sprint di Wevelgem. Sementara Jasper Stuyven (Trek-Segafredo) menghuni peringkat empat.

"Luar biasa, luar biasa. Saya tidak mengharapkan ini sebelumnya. Kami hanya mengubah rencana pada Jumat kemarin. Lalu kami berhasil mendapatkan hasil bagus di sini," bilang Girmay selepas balapan.

Kemenangan di Gent-Wevelgem 2022 melambungkan nama Girmay sebagai pembalap asal Benua Afrika pertama yang menjuarai balapan Klasik satu hari. "Saya sudah di Eropa dalam waktu lama, tiga bulan. Saya merindukan istri dan anak perempuan saya. Jadi saya kembali ke rumah," aku Girmay.

Girmay menjuarai Gent-Wevelgem 2022 setelah melarikan diri di sisa 25 kilometer. Bersama Laporte, Van Gestel, dan Stuyven, mereka memisahkan diri setelah pendakian terakhir di Kemmelberg. Jika bercermin dari aksinya di E3 Saxo Bank Classic dan Paris-Nice 2022, Laporte lebih dijagokan untuk menang.

Namun Girmay berhasil mendobrak prediksi itu. Ia mengalahkan Laporte, Van Gestel, dan Stuyven dalam adu sprint yang sangat ketat di Wevelgem. Girmay mengaku sempat ciut nyali karena harus bersaing dengan nama-nama yang sudah familiar di peloton.

"Tentu saja saya merasa jauh lebih baik. Tapi ada orang-orang kuat bersama saya, jadi sempat agak takut. Tapi saya merasa percaya diri di 250 meter terakhir. Kemenangan ini akan mengubah masa depan. Terutama untuk semua pembalap dari Afrika," terangnya.

Girmay akan pulang kampung selepas Gent-Wevelgem 2022. Ia balapan lagi pada Mei nanti. Girmay dijadwalkan tampil di Eschborn-Frankfurt pada 1 Mei. Kemudian start di Giro d'Italia 2022 yang akan dimulai 6 Mei nanti. Ia memperkuat tim IWG bersama nama-nama familiar seperti Taco van der Hoorn dan Domenico Pozzovivo. (mainsepeda)

Hasil Gent-Wevelgem 2022 (Top Ten)
1. Biniam Girmay (Eritrea), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux 5 jam 37 menit 57 detik
2. Christophe Laporte (Prancis), Jumbo-Visma +0
3. Dries van Gestel (Belgia), TotalEnergies +0
4. Jasper Stuyven (Belgia), Trek-Segafredo +0
5. Soren Kragh Andersen (Denmark), Team DSM    +8
6. Tim Merlier (Belgia), Alpecin-Fenix +8
7. Mads Pedersen (Denmark), Trek-Segafredo +8
8.l Ivan Garcia Cortina (Spanyol), Movistar +8
9. Matej Mohoric (Slovenia), Bahrain Victorious +8
10. Arnaud Demare (Prancis), Groupama-FDJ +8

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 78

Foto: Getty Images, Sprint Cycling Agency


COMMENTS