Memimpin 132 km, Carapaz Menang, Higuita ke Puncak GC


Hasil Etape 6 mengubah peta persaingan juara di Volta a Catalunya 2022. Richard Carapaz (Ineos Grenadiers) sukses memenangi tahapan ini setelah menyerang di 132 kilometer menuju finis. Sementara itu, Sergio Higuita (Bora-Hansgrohe) melesat ke puncak General Classification (GC).

Tahapan ini dimulai dari Salou menuju Cambrils. Panjang rutenya 168,6 kilometer. Carapaz menyerang saat para pembalap mulai nanjak di Coll de les Llebres Mussara, sekitar 36 kilometer setelah start. Ini adalah tanjakan Kategori 1 sepanjang 10,5 kilometer dengan gradien enam persen.

Peraih medali emas di Olimpiade Tokyo itu tidak menyerang sendirian. Ia meninggalkan peloton bersama rekan setimnya di Ineos Grenadiers, Luke Plapp serta Higuita. Akan tetapi Plapp tidak bertahan lama di grup terdepan. Ia tersisih di 119 kilometer menuju finis.

Sejak saat itu Carapaz dan Higuita tidak terkejar. Kedua pembalap ini menaklukkan Coll de Capafonts dan Coll de la Taixeta dengan mulus. Kemudian beradu sprint saat tiba di Cambrils. Carapaz finis pertama, sedangkan Higuita menempati peringkat kedua.

Kedua pembalap ini mencatatkan waktu 4 jam 9 menit 19 detik. Kaden Groves (BikeExchange-Jayco) finis ketiga dengan gap 48 detik. "Kami telah merencanakan serangan ini sebelumnya. Hari ini adalah segalanya atau tidak sama sekali. Ternyata kami melakukannya dengan baik," bilang Carapaz selepas lomba.

Pembalap asal Ekuador itu mengaku bahwa Etape 6 sangat sulit untuk ditaklukkan. Makin berat karena pembalap harus menerabas hujan yang sangat lebat. Meski demikian, kerja keras itu terbayar lunas dengan finis pertama di tahapan ini.

"Itu adalah kemitraan yang baik, kami bekerja sama dengan baik," bilang Carapaz tentang kerja sama dengan Higuita untuk menguasai Etape 6. "Sergio tertarik untuk naik ke puncak GC juga. Sekarang ia di depan saya di GC, tapi kami berdua memiliki perasaan yang baik tentang etape ini," imbuhnya.

Seperti yang telah disinggung Carapaz, hasil Etape 6 langsung mengubah peta persaingan dan perebutan juara di Volta a Catalunya. Higuita kini naik ke puncak GC dengan selisih 16 detik atas Carapaz yang duduk di posisi dua. Kedua pembalap tersebut akan bertarung untuk menjadi juara di Etape 7, Minggu (27/3).

Sementara Joao Almeida (UAE Team Emirates) lengser dari posisinya di puncak GC. Pembalap Portugal itu finis ke-20 di Etape 6. Membuatnya melorot ke posisi tiga dengan selisih 52 detik. Nairo Quintana (Arkea-Samsic) juga turun ke peringkat empat dengan gap 53 detik.

"Saya sangat senang dengan penampilan saya di etape ini. Terutama karena saya sekarang memasuki etape terakhir sebagai pemimpin balapan. Namun Etape 7 akan menjadi tahapan yang eksplosif. Jadi kami harus siap untuk apa pun," bilang Higuita.

Etape 7 berlangsung di Barcelona. Panjang rutenya 138,6 kilometer. Setelah melewati L'Hospitalet de Llobregat, peloton harus enam kali nanjak di Alt de Castell de Montjuïc. Ini adalan tanjakan sepanjang 2,5 kilometer dengan gradien 4,7 persen. (mainsepeda)

Hasil Etape 6 Volta a Catalunya 2022 (Top Ten)
1. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers 4 jam 9 menit 19 detik
2. Sergio Higuita (Kolombia), Bora-Hansgrohe +0
3. Kaden Groves (Australia), BikeExchange-Jayco +48
4. Simone Velasco (Italia), Astana Qazaqstan +48
5. Quentin Pacher (Prancis), Groupama-FDJ +48
6. Jan Bakelants (Belgia), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +48
7. Fernando Barceló Aragon (Spanyol), Caja Rural-Seguros RGA +48
8. Dorian Godon (Prancis), AG2R Citroen +48
9. Mattias Skjelmose (Denmark), Trek-Segafredo +48
10. Henri Vandenabeele (Belgia), Team DSM +48

General Classification usai 6 etape dari 7 etape (Top Ten)
1. Sergio Higuita (Kolombia), Bora-Hansgrohe 26 jam 35 menit 24 detik
2. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers +16
3. Joao Almeida (Portugal), UAE Team Emirates +52
4. Nairo Quintana (Kolombia), Arkea-Samsic +53
5. Juan Ayuso (Spanyol), UAE Team Emirates +1:08
6. Wout Poels (Belanda), Bahrain Victorious +1:10
7. Ben O'Connor (Australia), AG2R Citroen +1:10
8. Tobias Johannessen (Norwegia), Uno-X Pro Cycling Team +1:13
9. Guillaume Martin (Prancis), Cofidis +1:16
10. Torstein Tren (Norwegia), Uno-X Pro Cycling Team +1:27

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 78

Foto: Getty Images, Sprint Cycling Agency


COMMENTS