Akhir Penantian Panjang Kaden Groves


Perjalanan Kaden Groves bersama Team BikeExchange-Jayco mendekati ujung. Kontrak pembalap 23 tahun itu akan habis akhir musim ini. Menjelang berakhirnya kerja sama itu, ia mendapatkan kemenangan pertamanya di WorldTour. Groves finis pertama di Etape 2 Volta a Catalunya 2022.

Etape 2 ini membawa pembalap melaju dari L'Escala ke Perpignan. Panjang rutenya 202,4 kilometer. Tipe medannya cenderung flat. Para pembalap hanya melalui tiga tanjakan Etape 3. Seusai melintasi Banyuls sur Mer di sisa 50 kilometer, pembalap disuguhi rute datar hingga garis finis.

Sonny Colbrelli yang pingsan dan dilarikan ke rumah sakit setelah finis Etape 1, tidak start di tahapan ini. Selain kehilangan Colbrelli, tim Bahrain Victorious juga menarik Jack Haig. Pembalap asal Australia itu dilaporkan dalam kondisi tidak fit.

Crosswind yang kencang menjadi tantangan utama etape ini. Membuat peloton harus terbagi menjadi beberapa echelon. Groves berhasil menuntaskan tahapan ini dengan sempurna. Ia menang sprint atas Phil Bauhaus. Groves finis dengan catatan waktu 4 jam 44 menit 28 detik.

"Saya sudah menunggu lama untuk kemenangan ini. Rasanya sangat luar biasa," kata Groves seusah balapan.

Pantas jika Groves sangat girang. Sebab ini adalah kemenangan pertamanya di WorldTour. Ia telah menjadi bagian dari Team BikeExchange-Jayco sejak Agustus 2019. Kala itu tim asal Australia itu masih mengusung nama Mitchelton-Scott. Hanya saja namanya kurang bersinar.

Groves hanya meraih tiga kemenangan hingga akhir musim 2021. Semuanya di level 2.1 Meski demikian, bukan berarti ia tidak pernah diturunkan di arena WorldTour. Pada musim ini, misalnya. Groves telah ditampilkan di UAE Tour dan Tirreno-Adriatico.

Ia menunjukkan progres signifikan pada awal musim 2022. Groves finis ketiga di Etape 2 dan 7 di Tirreno-Adriatico 2022. Tren positif ini berlanjut di Volta a Catalunya 2022 saat ia menang sprint di Etape 2.

"Orang-orang melakukan pekerjaan yang luar biasa di tahapan ini. Kami dalam posisi yang baik. Tetap di depan dan memastikan tidak terlalu jauh dari pembalap breakaway. Sehinga kami bisa melakukan sprint di akhir etape," ucapnya.

Jonas Iversby Hvideberg (Team DSM) kini memimpin di puncak GC

Kemenangan Groves adalah yang kedua bagi Team BikeExchange-Jayco di Volta a Catalunya 2022. Sebelumnya, tim ini mengantarkan Michael Matthews sebagai pemenang di Etape 1. Sayang Matthews kehilangan tempat di puncak General Classification (GC). Ia tergusur oleh Jonas Iversby Hvideberg (Team DSM).

Selanjutnya para pembalap akan menempuh rute sepanjang 161,1 kilometer di Etape 3. Bertolak dari Perpignan menuju La Molina. Etape ini akan menjadi arena pertarungan bagi para climber. Mereka harus menaklukkan tiga tanjakan Kategori 1. Termasuk di La Molina yang menjadi titik finis. Ini adalah tanjakan sepanjang 12,1 kilometer dengan gradien rata-rata 4,4 persen. (mainsepeda)

Hasil Etape 2 Volta a Catalunya 2022 (Top Ten)
1. Kaden Groves (Australia), BikeExchange-Jayco 4 jam 44 menit 28 detik
2. Phil Bauhaus (Jerman), Bahrain Victorious +0
3. Hugo Hofstetter (Prancis), Arkea-Samsic +0
4. Ethan Vernon (Inggris), QuickStep Alpha Vinyl +0
5. Juan Sebastian Molano (Kolombia), UAE Team Emirates +0
6. Manuel Peñalver Aniorte (Spanyol), Burgos-BH +0
7. Michael Matthews (Australia), BikeExchange-Jayco +0
8. Steven Kruijswijk (Belanda), Jumbo-Visma +0
9. Henri Vandenabeele (Belgia), Team DSM +0
10. Mattias Skjelmose (Denmark), Trek-Segafredo +0

General Classification usai 2 etape dari 7 etape (Top Ten)
1. Jonas Iversby Hvideberg (Norwegia), Team DSM 8 jam 31 menit 28 detik
2. Michael Matthews (Australia), BikeExchange-Jayco +1
3. Hugo Hofstetter (Prancis), Arkea-Samsic +7
4. Mattias Skjelmose (Denmark), Trek-Segafredo +11
5. Juan Sebastian Molano (Kolombia), UAE Team Emirates +11
6. Giulio Ciccone (Italia), Trek-Segafredo +11
7. Tobias Johannessen (Norwegia), Uno-X Pro Cycling Team     +11
8. Sergio Higuita (Kolombia), Bora-Hansgrohe +11
9. Jan Bakelants (Belgia), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +11
10. Sam Oomen (Belanda), Jumbo-Visma +11

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 77

Foto: Getty Images


COMMENTS