Debut Van Aert, Penentuan Juara Pogacar


Dua agenda WorldTour akan berlangsung hari ini (26/2). Event pertama adalah Omloop Het Nieuwsblad. Digelar di Belgia, inilah one day race pertama di WorldTour musim 2022. Balapan kedua adalah UAE Tour 2022. Event ini akan memasuki etape pemungkas sekaligus penentuan gelar juara.

Berjuluk The Opening Classic, Omloop Het Nieuwsblad 2022 akan berlangsung di rute sepanjang 204,2 kilometer. Peloton akan start dari Ghent menuju Ninove. Lomba edisi ke-77 ini akan diikuti total 171 pembalap dari 25 tim. Sebanyak 18 di antaranya adalah tim peserta WorldTour.

Wout van Aert menjadi salah satu nama beken yang tampil di ajang ini. Pembalap asal Belgia itu menjadikan Omloop Het Nieuwsblad sebagai balapan pertamanya musim ini. Member tim Jumbo-Visma tersebut mematok target tinggi.

Van Aert akan didukung Tosh Van Der Sande, Tiesj Benoot, Nathan Van Hooydonck, Mike Teunissen, Edoardo Affini, dan Pascal Eenkhoorn. "Omloop merupakan ujian untuk melihat bagaimana kami bisa balapan bersama sebagai sebuah tim. Tentu saja, kami ingin mencapai hasil terbaik," Van Aert kepada Wielerflits.

Omloop Het Nieuwsblad 2022 menjadi pemanasan Van Aert sebelum tampil di Milan-San Remo pada 19 Maret dan Paris-Roubaix pada 17 April. "Mudah-mudahan saya memiliki daya ledak ekstra setelah race pertama. Sehingga saya dalam kondisi terbaik untuk Milan-San Remo serta Paris-Roubaix," harapnya.

Sementara itu, UAE Tour 2022 akan memasuki tahapan terakhir hari ini. Etape 7 yang akan dimulai Sabtu sore itu, sekaligus menentukan siapa juara overall tahun ini. Balapan menempuh rute sepanjang 148 kilometer dari Al Ain menuju puncak Jebel Hafeet.

Hingga Etape 6, Jumat (25/2) malam, Tadej Pogacar (UAE Team Emirates) masih bertengger di puncak General Classification. Rider asal Slovenia itu terpaut empat detik dengan Filippo Ganna (Ineos Grenadiers).

"Ini akan menjadi hari terpanas sepanjang minggu. Kami siap untuk mempertahankan jersey merah dan kami tidak terlalu stres," tegas Pogacar.

Karena finis nanjak di Jebel Hafeet, maka Pogacar harus mewaspadai Aleksandr Vlasov (Bora-Hansgrohe) dan Adam Yates (Ineos Grenadiers). Kedua climber ini terpaut kurang dari 20 detik dari Pogacar. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 75

Foto: Jumbo Visma


COMMENTS