Jawa Timur Ajukan Diri Sebagai Host Kejurnas 2022


Jawa Timur (Jatim) mempersiapkan tawaran untuk menjadi tuan rumah Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Balap Sepeda 2022. Jatim merasa siap lantaran didukung oleh sarana dan prasarana yang lengkap.

Rencana tersebut diungkapkan oleh Wahid Wahyudi, Ketua Ketua Pengprov ISSI Jatim periode 2022-2026. Ia merasa sudah waktunya Jatim menjadi tuan rumah untuk event tahunan PB ISSI tersebut.

"Ada banyak kota dan kabupaten di Jatim yang siap untuk mengelenggarakan Kejurnas. Seperti di Banyuwangi, Lumajang, Malang, Magetan, Tulungagung, dan Tuban. Semuanya siap. Bupati Lumajang juga berkomunikasi dengan saya. Ia berharap fasilitas di sana dimanfaatkan. Sebab venue di sana kan baru," ucap Wahid kepada Mainsepeda.com, akhir pekan ini.

Jatim siap maju sebagai tuan rumah mengingat venue balap sepeda di provinsi ini yang melimpah. Magetan bisa dipakai untuk menyelenggarakan rangkaian balapan sepeda gunung (MTB). Magetan sudah teruji menjadi tuan rumah Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) MTB tahun lalu.

Sedangkan disiplin BMX dan roadrace dapat dilaksanakan di Banyuwangi. Banyuwangi memang memiliki sirkuit BMX standar internasional di Kecamatan Muncar. Untuk disiplin roadrace, Banyuwangi telah teruji karena pernah menggelar International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) selama bertahun-tahun.

Selain faktor sarana dan prasarana yang melimpah ruah, Jatim bisa berbangga diri atas dominasi mereka dalam beberapa edisi terakhir Kejurnas. Jatim menjadi juara umum dalam Kejurnas Balap Sepeda 2019. Sayang balap sepeda tidak dilombakan di PON Papua.

Prestasi ini terulang di Kejurnas Balap Sepeda 2021 di Garut dan Cimahi. Jatim meraih 25 emas, 14 perak, dan 8 perunggu. Selisih dengan Jawa Barat (Jabar) dan Jawa Tengah (Jateng) yang berada di peringkat kedua dan ketiga, terpaut sangat jauh.

Prestasi yang konsisten membuat Jatim berani menargetkan juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 di Sumatera Utara (Sumut) dan Aceh. Wahid sangat yakin misi ini dapat terpenuhi.

"Hasil di Kejurnas tahun lalu adalah parameter untuk PON ke depan. Kejurnas 2022 adalah perjuangan pertama untuk melihat hasil pembinaan kita," ucap pria yang menjabat Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Jatim ini.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Jatim M. Nabil mengaku berekspektasi tinggi untuk cabang balap sepeda di PON Sumut-Aceh nanti. Sebab balap sepeda Jatim secara konsisten menjadi yang terbaik di Indonesia. Jatim juga menjadi penyumbang atlet terbanyak di Pelatnas.

"Sudah teruji dan terbukti sejak PON 2016 dan sumbangsih di SEA Games bahwa Jatim siap di level atas dan lapis keduanya juga siap," puji Nabil. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 74

Foto: Humas ISSI Jatim


COMMENTS