Cita-cita Sebastian Vettel: Kurir Sepeda


Formula One (F1) memiliki hubungan yang erat dengan olahraga bersepeda. Banyak pembalap F1 menggunakan sepeda untuk menelusuri lintasan. Bahkan, sejumlah tim F1 bekerja sama dengan tim peserta WorldTour untuk berbagi teknologi.

Fernando Alonso adalah salah satu contoh pembalap F1 yang sangat aktif di dunia sepeda. Alonso tidak main-main. Ia hampir menjadi pengelola tim Euskaltel pada 2013. Pembalap tim Alpine ini juga hampir membuat tim untuk berlaga di kompetisi UCI pada 2015.

Selain Alonso, Sebastian Vettel juga menggandrungi olahraga bersepeda. Ia mengaku mengidolakan Jan Ullrich dan Lance Armstrong. Vettel menyebut rivalitas anatra Ullrich dengan Armstrong sangat menginspirasinya.

Dilansir Cyclingweekly, Vettel mengaku merasakan dampak luar biasa dengan bersepeda. Tentu saja ia tidak mengejar kecepatan seperti para pembalap WorldTour. Vettel bersepeda untuk menjaga kebugaran serta melatih daya tahan. Sebab F1 adalah olahraga ketahanan.

Jika berhalangan untuk gowes di luar ruangan. Vettel akan bersepeda di rumah dengan trainer. Vettel melakukan pemanasan sekitar 100 – 200 watt, sebelum bekerja dengan interval antara 200 dan 400 watt. Hebatnya, ia melakukannya tanpa bantuan visual seperti Zwift atau bahkan menonton balapan sepeda.

"Bagi saya, mengendarai sepeda bukan tentang melaju secepat yang Anda bisa. Rasa pencapaian pribadi yang Anda dapatkan dari bersepeda adalah hal yang luar biasa. Hadiah besar ketika mencapai puncak pendakian, itu yang terbaik," bilang pembalap tim Aston Martin-Mercedes ini.

Pembalap 34 tahun ini berandai tentang pekerjaan yang tepat setelah pensiun dari F1. Vettel memberi jawaban mengejutkan. Ia tertarik untuk menjadi kurir sepeda. "Saya selalu ingin melakukannya," ungkap mantan juara dunia empat kali itu.

"Sensasi gowes di tengah kota yang sibuk adalah sesuatu yang saya sukai dan sangat ingin saya lakukan. Saya iri kepada orang-orang itu!" ucap Vettel. Jika cita-cita ini terwujud, para konsumen bakal sangat kaget karena kurir yang mengantar paket atau makanan mereka adalah mantan juara dunia F1. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray episode 71

Foto: Aston Martin, KymIllman


COMMENTS