WCC Surabaya Gowes ke Malang, Kolab dengan Ratjoen Femmes


Komunitas Women’s Cycling Community (WCC) Surabaya mengawali kiprahnya di 2022 dengan gowes bareng, Sabtu (22/1). Rutenya dari Surabaya ke Kota Malang. Kali ini WCC Surabaya tidak bersepeda sendirian. Mereka berkolaborasi dengan Ratjoen Femmes, salah satu bagian dari Ratjoen Cycling Club (CC).

Gowes seru ini start dari Jalan Ahmad Yani, Surabaya. Kemudian puluhan member WCC Surabaya bergerak ke Selatan ke Sidoarjo dan Pasuruan. Lalu mereka dijemput perwakilan Ratjoen Femmes di sebuah minimarket yang mengarah ke Talunongko di Prigen, Pasuruan.

Kemudian regroup dengan member Ratjoen Femmes lainnya di Kebun Raya Purwodadi. Setelah saling sapa dan foto-foto, mereka gowes bareng menuju gowes titik finis di sebuah kafe di kota Malang. "Sampai di sana kami istirahat dan ramah tamah dengan tuan rumah," bilang Ketua WCC Surabaya, Oeli Yosep Soru.

Oeli sangat bersyukur karena acara gowes bareng kolaborasi antara WCC Surabaya dengan Ratjoen Femmes ini berjalan sukses. Sebab, ini adalah kolaborasi perdana di antara kedua komunitas itu. Perencanaannya sangat singkat. Kurang dari sebulan.

Anggota WCC Surabaya dan Ratjoen Femmes foto bersama di salah satu kafe di Kota Malang

Ceritanya, Oeli sedang bertemu dengan Maya Anggraeny, salah satu founder dan penasihat WCC Surabaya, pada penghujung Desember tahun lalu. Keduanya membahas kegiatan gowes tutup tahun komunitas sepeda wanita paling hits di Surabaya itu.

Dari pembicaraan inilah tercetus ide untuk membuat kegiatan gowes pada 2022. Oeli menyampaikan ide untuk gowes dari Surabaya ke Malang. Maya pun sepakat untuk membuka 2022 dengan gowes ke Kota Apel. "Kami ingin bersepeda jarak jauh agar tidak gowes di dalam kota melulu," terang Oeli.

Rencana spontan itu disampaikan ke grup. Oeli terkejut karena reaksi para member WCC Surabaya sungguh luar biasa. Mereka sangat tertarik untuk ikut bersepeda dari Surabaya ke Malang. Hanya saja, demi keamanan dan kesehatan bersama, serta faktor protokol kesehatan, pendaftaran ditutup di angka 35 orang.

"Itu pun ada tambahan dari WCC Bro dan marshal. Kalau tidak dibatasi, kami khawatirkan terjadi kerumunan," jelasnya.

Beres urusan internal, WCC Surabaya langsung melemparkan ide kolaborasi ini ke Ratjoen Femmes. Reaksinya pun tak kalah heboh. Menurut Oeli, Ratjoen Femmes sangat welcome dengan rencana ini. Bahkan mereka lah yang memberikan alternatif tempat yang pas untuk menjadi lokasi finis.

WCC Surabaya dikawal WCC Bro dalam gowes Surabaya-Malang

Setelah perencanaan yang benar-benar matang, gowes ini dieksekusi dengan sempurna pada Sabtu. Hampir tidak ada hambatan berarti sepanjang perjalanan. Mewakili WCC Surabaya, Oeli berterima kasih atas sambutan hangat Ratjoen Femmes. "Kami sangat welcome jika ke depan Ratjoen Femmes gowes ke Surabaya," katanya.

Kelar gowes ke Malang, sejumlah agenda telah menanti WCC Surabaya. Beberapa anggota komunitas ini akan mengikuti sebuah event gowes jarak jauh di Jogjakarta. Kemudian mereka menjadwalkan ride bareng sponsor pada Februari nanti. (mainsepeda)

Foto: @chaidar26, @motretsport


COMMENTS