Musim balap WorldTour 2022 akan dimulai sebulan lagi. Rangkaian balapan musim ini akan dimulai dari UAE Tour pada 20-26 Februari nanti. Satu dari sedikit agenda WorldTour di Asia itu akan diikuti dua pembalap hebat, yakni Tadej Pogacar (UAE Team Emirates) dan Egan Bernal (Ineos Grenadiers).

Agenda balap WorldTour seharusnya dimulai di Tour Down Under (TDU) di Australia. Hanya saja aturan ketat di Negeri Kanguru tidak memungkinkan untuk menggelar balap sepeda. Sehingga TDU musim ini terpaksa ditiadakan. Event ini kali terakhir diadakan pada 2020.

Sebagai gantinya, UAE Tour 2022 akan menjadi event pertama musim ini. Balapan ini terbagi dalam tujuh etape. Satu di antaranya adalah balapan individual time trial (ITT) di lintasan sepanjang 9 kilometer di Al Zorah. Para pembalap juga akan diajak nanjak ke Jebel Jais dan Jebel Hafeet.

Mengingat jumlah kasus Covid-19 yang meningkat di Uni Emirat Arab, maka para peserta wajib divaksinasi. Serta suntikan booster diperlukan bagi siapa saja yang divaksinasi lebih dari enam. UAE Tour 2022 akan digelar dengan 'UCI Health Pass', protokol kesehatan ketat yang baru saja dirilis UCI.

Pogacar yang memenangi UAE Tour 2021, dipastikan tampil lagi musim ini. Ia akan mendapat dukungan dari rekan anyarnya, yakni George Bennett dan Joao Almeida. Menurut La Gazzetta dello Sport, Bernal juga akan tampil di ajang ini. Ia ditemani Filippo Ganna dan Elia Viviani.

Selain kedua superstar itu, UAE Tour akan diikuti pembalap tenar lainnya seperti Tom Dumoulin (Jumbo-Visma), Sam Bennett (Bora-Hansgrohe), Jack Haig (Bahrain Victorious), Caleb Ewan (Lotto-Soudal), Dylan Groenewegen (BikeExchange-Jayco), dan mungkin Mark Cavendish (QuickStep-AlphaVinyl). (mainsepeda)

Foto: Getty Images


COMMENTS