Sam Bennett bertekad bangkit setelah tenggelam sepanjang musim 2021. Cedera membuat pembalap Irlandia itu dicoret dari skuad Tour de France musim lalu. Relasi dengan tim Deceuninck-QuickStep pun memburuk karena tidak sepakat perihal perpanjangan kontrak. Kini ia pulang ke Bora-Hansgrohe.

Bennett adalah pemenang jersey hijau Tour de France 2020. Tapi namanya seakan tenggelam begitu saja pada tahun lalu. Cedera menjadi penyebabnya. Selain itu, ia kian redup setelah Mark Cavendish membuat keajaiban dengan merebut jersey hijau di Tour de France musim lalu.

"Awalnya sangat sulit menerima bahwa saya tidak tampil di Tour de France. Saya seperti dilupakan. Olahraga bersepeda bergerak dengan cepat. Begitu Anda cedera dan tersingkir, hidup terus berjalan dan tidak ada yang peduli," bilang Bennett dilansir Cyclingnews.

Bennett cuma dua musim di Deceuninck-QuickStep. Ia memutuskan pulang ke Bora-Hansgrohe mulai tahun ini. Kembali ke klub lama membuat Bennett percaya diri. Apalagi Peter Sagan sudah pergi ke Team TotalEnergies. Artinya, Bennett lah andalan di Tour de France nanti. 

"Saya pernah sukses sebelumnya dan saya akan sukses lagi. Itulah yang terus saya katakan pada diri sendiri. Saya ingin kembali untuk membuktikan bahwa jersey hijau di Tour de France 2020 itu bukan kebetulan," tegas pembalap 31 tahun ini.

Ia sadar bahwa kembali ke Bora-Hansgrohe merupakan jalan terbaik untuk menata ulang kariernya. Serta untuk mewujudkan rangkaian target yang belum sempat terwujud. (mainsepeda)

Foto: Getty Images


COMMENTS