Vincenzo Nibali Bakal Debut di Paris-Roubaix

Vincenzo Nibali (Astana-Qazaqstan) akan menyempurnakan catatan partisipasi di balapan Monumen. Pembalap asal Italia tersebut dijadwalkan tampil di Paris-Roubaix. Ini bakal menjadi pengalaman pertamanya berlaga di balapan berjuluk Neraka Utara itu.

Setelah dua musim yang kurang mengesankan di Trek-Segafredo, Nibali memutuskan kembali ke Astana. Skuad asal Kazakhstan ini tidak meragukan kemampuannya meski sang pembalap sudah 37 tahun. Bahkan, Nibali akan dipasang di Tour de France, Giro d'Italia, dan lima balapan Monumen.

Khusus untuk balapan Monumen, Nibali sudah 14 kali tampil di Liège–Bastogne–Liège dan Il Lombardia. Selain itu ia juga 13 kali turun di Milan-San Remo. Nibali sekali berpartisipasi di Tour of Flanders pada 2018. Paris-Roubaix menjadi satu-satunya balapan Monumen yang belum dicicipi.

"Keinginan saya adalah Vincenzo bisa balapan dengan bebas tanpa harus mengkhawatirkan hasilnya. Ketika ia tampil, semua orang selalu mengharapkannya untuk bersaing di klasemen. Tetapi di Astana, ia menemukan staf yang telah telah memenangkan banyak hal dengannya," kata Direktur Astana Giuseppe Martinelli kepada Tuttobici.

Nibali akan membuka musim 2022 di Volta a la Comunitat Valenciana pada awal Februari. Kemudian ia berlaga di Tirreno-Adriatico pada 7-13 Maret. Secara berurut-urut Nibali akan tampil di balapan musim semi di Milan-San Remo (19 Maret), Tour of Flanders (3 April), Paris-Roubaix (17 April), serta Liège-Bastogne-Liège (24 April).

Selanjutnya ia akan start di Giro d'Italia pada Mei, lalu berlaga di Tour de France pada 1-24 Juli. Nibali menutup musim di Il Lombardia pada 8 Oktober mendatang. "Saya tidak ingin menjalani musim dengan tekanan untuk mengatakan apa yang akan menjadi tujuan utama saya, lalu membalap dengan obsesi itu," tegas Nibali.

"Pasti ada tujuan yang tidak ingin saya lewatkan dan balapan di mana saya ingin menjadi pemenang. Saya ingin menjalani musim ini tanpa tekanan, saya hanya ingin menikmatinya dan mencoba untuk mendapatkan hasil yang bagus," jabar pembalap berjuluk Si Hiu dari Messina itu kepada Velonews. (mainsepeda)

Foto: Astana-Qazaqstan


COMMENTS