Komunitas asal Tulungagung, XC9 Cycling Club (CC) membuka lembaran 2022 dengan gowes ke Blitar, Minggu (9/1) pagi. Acaranya meriah karena mengundang seluruh komunitas road bike di Tulungagung. Makin spesial dengan kedatangan wakil dari komunitas Blitar Road Cycling Club (BRCC).

Gowes bareng ini diikuti sekiar 150 cyclist. Jumlahnya dibatasi agar sesuai protokol kesehatan. Digelar dalam rangka peluncuran jersey baru XC9 CC. Peserta start dari Ngunut, Tulungagung ke Blitar. Kemudian mengunjungi markasnya BRCC. Lalu kembali ke Ngunut lagi. Total jaraknya 58 kilometer.

"Ini merupakan acara launching jersey ke enam yang pernah kami selenggarakan," cerita Yeni Dwianto, Ketua XC9 CC.

Yeyen, begitu ia akrab disapa, mengaku puas lantaran launching jersey kali ini berlangsung lancar. Praktis tidak ada hambatan berarti sepanjang perjalanan. Selain gowes bareng yang seru, pelbagai hiburan dan bagi-bagi doorprize dilakukan di titik finis.

"Intinya kami ingin menyambung silaturahmi setelah lama tidak gowes bareng. Jadi kita menyatukan komunitas lagi," jelasnya.

Ketua XC9 CC Yeni Dwianto (kiri) bersama cyclist dari komunitas RFR

Yeyen menambahkan bahwa XC9 CC memang sering membuat berbagai agenda gowes. Akan tetapi, rutinitas ini terputus karena pandemi Covid-19. Ketika situasi mulai melandai, mereka berinisiatif untuk menghidupkan lagi kegiatan lama mereka. "Kami seru-seruan lagi," imbuh Yeyen.

Langkah XC9 CC mengundang BRCC, bahkan menyambangi markas mereka di Blitar, juga memiliki alasan khusus. Menurut Yeyen, BRCC merupakan rekan dekat. Dulu mereka sering gowes bareng. Kali terakhir pada Februari 2020. Kedua komunitas akhirnya gowes bareng lagi setelah menunggu hampir dua tahun.

Setelah sukses menggelar gowes bareng pertamanya tahun ini, sekaligus launching jersey anyar, XC9 CC telah mempersiapkan banyak agenda. Pertama, mereka akan membuat mini event yang dipusatkan di Tulungagung. Tujuannya untuk mewadahi pehobi sepeda untuk bisa memacu adrenalinnya.

Selain itu, gelaran event sepeda juga bertujuan untuk memicu sport tourism di Kota Marmer ini. Selain itu, XC9 CC juga berencana membuat long ride. Rutinitas ini mereka jalani tiap 17 Agustus. Biasanya mereka gowes di atas 200 kilometer.

Mereka pernah membuat gowes Ngunut-Jogja pada 2018. Kemudian gowes Ngunut-Bangkalan pada 2019. Lalu gowes ke Lingkar Wilis pada 2021. "Hanya 2020 yang off karena pandemi," terang Yeyen. (mainsepeda)

Foto: Erwin/XC9 CC


COMMENTS