Wout van Aert Calon Kuat Juara Dunia Cyclocross

Wout van Aert (Jumbo-Visma) makin menegaskan diri sebagai calon terkuat juara dunia cyclocross 2022. Rider asal Belgia ini telah mengantongi lima kemenangan beruntun sepanjang Desember 2021. Performa Mathieu van der Poel (Alpecin-Fenix) yang tampak belum pulih dari cedera juga menguntungkan Van Aert.

Van Aert, Van der Poel, dan Tom Pidcock (Ineos Grenadiers) menghuni daftar teratas calon juara dunia. Tetapi jika dengan kedua rivalnya, Van Aert cenderung lebih baik. Ia juara di Grand Prix Rouwmoer, dua kali menang di Piala Dunia Val di Sole dan Dendermonde, serta dua kali memenangi Superprestige di Boom dan Heusden-Zolder.

"Apakah saya pernah tampil sebagus ini dengan memenangi lima kemenangan beruntun di cyclocross? Saya tidak berpikir bisa melakukannya berturut-turut," ucap Van Aert kepada Sporza selepas kemenangannya di Heusden-Zolder, Senin (27/12).

Van Aert masih memiliki waktu sebulan untuk mempersiapkan diri menuju Kejuaraan Dunia. UCI Cyclocross World Championships 2022 dilaksanakan di Fayetteville, Arkansas, Amerika Serikat pada 29-30 Januari. Sebelum memperebutkan gelar juara dunia, ia harus berlomba di ajang Grand Prix, Superprestige, dan Piala Dunia.

Van Aert dijadwalkan melawan Van der Poel di X20 Trofee Loenhout pada 30 Desember. Lalu bentrok dengan Pidcock di X20 Trofee Baal pada 1 Januari. Keesokan harinya, mereka bertarung di Piala Dunia di Hulst, Belanda. Kemudian pada 5 Januari, Van Aert head to head dengan Van der Poel di X20 Trofee Herentals.

Sementara itu, Van der Poel gagal finis di Heusden-Zolder. Ia berhenti di lap ketujuh dari total sembilan lap di ajang ini. Tak jelas penyebab pasti Van der Poel berhenti. Namun insiden itu menguatkan asumsi bahwa Van der Poel belum sembuh total dari cedera lutut. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 70

Foto: Getty Images


COMMENTS