Egan Bernal (Ineos Grenadiers) akan kembali ke Tour de France 2022. Kehadirannya bakal memanaskan rivalitas di balapan paling seru di dunia tersebut. Bernal akan menantang Tadej Pogacar (UAE Team Emirates) yang menjuarai ajang ini dalam dua musim terakhir. Selain itu, ia juga harus berhadapan dengan Primoz Roglic (Jumbo-Visma).

Saat menjuarai Tour de France 2019 lalu, Bernal menahbiskan diri sebagai pemenang Tour de France termuda setelah periode Perang Dunia II. Ketika itu Bernal baru berusia 22 tahun dan 196 hari. Tentu saja, predikat itu dengan cepat diambil oleh Pogacar pada musim 2020. Ia juara tepat pada malam ulang tahunnya ke-22.

Ketika Pogacar juara di Tour de France 2020, performa Bernal justru mengecewakan. Ia mundur di tengah perjalanan akibat cedera punggung. Kabar bakinya, masalah ini mulai teratasi pada musim 2021. Bernal moncer lagi dan sukses menjuarai Giro d'Italia.

Berbicara kepada situs Kolombia, Revista Mundo Ciclístico, pembalap 24 tahun itu mengatakan bahwa fokus penuhnya adalah kembali ke Tour de France 2022.

"Jelas bahwa kami akan memfokuskan semua persiapan dan upaya kami untuk memikirkan bersaing di Tour de France 2022. Sudah waktunya untuk kembali ke jalan yang kami temukan pada tahun 2019 di mana kami sempat sedikit berpisah," ungkap Bernal.

Bernal cukup percaya diri menatap balapan musim depan. Apalagi cedera punggungnya kian membaik. Ia merasa bugar dan telah pulih. Meski demikian, Bernal tetap rajin memantau kondisi punggungnya di sesi fisioterapi. Kemudian memperkuat latihan di gym.

"Saya berharap dapat memulai tahun depan tanpa hambatan apa pun yang dapat memengaruhi kinerja di olahraga ini," harap Bernal. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 66

Foto: Getty Images

Populer

Ratusan Cyclist Ramaikan Gowes Rayakan HUT Kota Malang ke-110
Valtteri Bottas, Pembalap F1 Menuju Kejuaraan Dunia Gravel UCI
Preview Bromo KOM Kategori Men 60+: Ambisi Besar Soetanto Tanojo Rebut Kembali Gelar Bromo KOM 
Kalender Event Mainsepeda 2024: East Java Journey Pertama, Bromo KOM X 18 Mei
Kolom Sehat: Sisi Lain Bromo
Bike and Camp, Cara Unik Mumed CC Gelar Acara Halal Bihalal 
Kolom Sehat: Habis Gelap Terbitlah Terang
Carlos Rodriguez Bungkus Gelar Juara Umum Tour de Romandie
Tour de Romandie 2024 Etape 4: Puasa Kemenangan Eks Juara Olimpiade Berakhir di Leysin
Please Welcome, Feeling Susanty! Debutan Bromo KOM dari GLCCC