Haris Mada Ali dan Mariska Tenisya Gerungan sama-sama memulai bersepeda sejak 2020 lalu. Sejak pandemi, mereka kesulitan melakukan aktivitas olahraga. Apalagi pusat kebugaran sempat ditutup. Mereka menemukan solusinya di olahraga bersepeda.

Haris bercerita, hasrat untuk memulai bersepeda justru muncul dari istrinya itu. Mariska mengajak Haris untuk bersepeda sebab olahraga ini memungkinkan dilakukan di luar ruangan. Ternyata Haris sempat pesimis saat itu.

"Awalnya sempat ragu karena sepeda kan mahal. Saya berpikir gowes ini paling dilakukan Senin dan Kamis saja, nggak terlalu diseriusi oleh istri saya," ungkap pria asal Jayapura tersebut.

Ternyata prediksi Haris meleset. Mariska justru sangat rajin bersepeda. Melihat istrinya yang sangat semangat membuat Haris tertarik untuk terjung langsung. Mereka akhirnya sering gowes bersama. Dimulai dari gowes sebagai pasangan, mereka kemudian bertemu teman-teman baru dari komunitas Jayapura Cycling Club.

"Pas baru bergabung, kami sering ditinggal sama teman-teman," cerita Haris lantas tertawa. "Lalu kami semakin giat latihan. Lama-lama kuat sendiri dan sudah bisa ikut peleton," ujarnya.

KAI Kediri Dholo KOM Challenge 2021 ini akan menjadi event pertama bagi pasangan yang menikah sejak 2005 itu. Sebelumnya mereka hanya mengikuti event lokal di Jayapura yang diadakan komunitas JCC atau sejumlah instansi di sana.

Sebagai persiapan, mereka gowes setiap akhir pekan dengan jarak setidaknya 100 km. Rute di Jayapura memiliki tipe rolling. Membuat Haris dan Mariska semakin antusias untuk latihan agar tampil maksimal di event pertamanya itu.

"Target yang penting finis happy saja. Nggak ada target khusus harus dapat waktu berapa. Karena kami sendiri belum tahu gambaran rutenya nanti," terang bapak dua anak itu.

Jauh-jauh datang ke Jawa Timur, sebenarnya Haris ingin memaksimalkan KAI Kediri Dholo KOM Challenge 2021 sebagai ajang untuk liburan juga. Tetapi dengan situasi seperti ini, ia belum bisa merencanakan dengan pasti. Ia memilih menunggu perkembangan selama di Jatim.

"Kalau ada kesempatan buat jalan-jalan ke tempat lain, kami mau coba. Nanti kami lihat situasi dulu teman-teman maunya gimana. Bisa diatur," terangnya. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 65

Foto: Dokumentasi Haris Mada Ali dan Mariska Gerungan


COMMENTS