Jawara Downhill Indonesia Beradu di Lereng Gunung Ijen

Pembalap-pembalap downhill paling top di Indonesia menyerbu Banyuwangi akhir pekan ini. Mereka akan tampil dalam sebuah event bertajuk Banyuwangi Ijen Geopark Downhill 2021. Lomba akan dilangsungkan di Gantasan Bike Park, Minggu (31/10) nanti.

Line up pembalap yang akan tampil di ajang ini bikin melongo. Dari kategori men elite, ada Andy Prayoga (Jawa Tengah) yang baru saja mendapatkan medali emas dalam Kejuaraan Nasional (Kejurnas) balap sepeda 2021 di Garut, Jawa Barat (Jabar). Dua pembalap Jawa Timur (Jatim), Rendy Sanjaya dan Popo Ario Sejati juga hadir di Banyuwangi. Rendy dan Popo mendapatkan medali perak dan perunggu di Kejurnas 2021.

Kategori women elite juga tak kalah seru. Peraih medali emas di Kejurnas 2021, Ayu Triya Andriana dipastikan tampil di Banyuwangi Ijen Geopark Downhill 2021. Sebagai pembalap asli Banyuwangi, Ayu Triya tentu tak ingin mengecewakan publik sendiri. Dua pembalap top lainnya, Tiara Andini Prastika dan Arinda Novitasari juga tampil di Banyuwangi.

"Total pembalap yang terdaftar di kategori men elite sebanyak 28 orang. Sementara kategori women elite diikuti sembilan pembalap," bilang Zen Kostolani, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Banyuwangi. Jumlah pendaftar yang berpartisipasi di ajang ini sebanyak 200 orang. Mereka datang dari berbagai kota. Akan ada kelas khusus untuk pembalap lokal Banyuwangi.

Zen bercerita, dalam dua tahun terakhir Banyuwangi rutin menggelar kejuaraan downhill. Namun sifatnya masih lokal. Oleh Dispora Banyuwangi, event itu difasilitasi. Skalanya diperbesar. Sehingga pembalap downhill nomor wahid di Indonesia akan datang untuk berpartisipasi.

Apalagi medannya cukup menantang. Para pembalap harus menaklukkan sirkuit sepanjang 2,3 kilometer di lereng Gunung Ijen. "Seperti di road race, Ijen masih menjadi magnet utama dari event bersepeda di Banyuwangi. Jika di road race ada International Tour de Banyuwangi Ijen, maka di downhill terdapat Banyuwangi Ijen Geopark Downhill," jelas Zen.

Banyuwangi Ijen Geopark Downhill 2021 sekaligus memulai geliat event olahraga di Banyuwangi. Selama ini kota di ujung timur Pulau Jawa itu memang aktif membuat berbagai event menarik. Termasuk olahraga. "Kegiatan ini juga bertujuan untuk memperbesar kunjungan ke Banyuwangi. Ketika ada event seperti balapan downhill ini, semua hotel atau homestay akan dipenuhi pengunjung," terangnya. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 62

Foto: PB ISSI


COMMENTS