Giro d'Italia 2022 Dimulai dari Hungaria

Giro d'Italia 2022 start dari Budapest. Ini adalah kali pertama balapan terbesar di Italia itu singgah di Hungaria. RCS Sport sebagai penyelenggara Giro, berencana menggeber tiga etape di kawasan Budapest serta kota-kota di sekitarnya.

Memulai Giro dari luar Italia memang bukan hal baru. Dalam edisi 1965 silam, Giro start dari San Marino. Setahun kemudian, balapan ini dimulai dari Monako. Setelah itu Giro selalu singgah ke sejumlah kota di Eropa. Pembukaan Giro kali terakhir di luar Italia terjadi pada 2018. Kala itu lomba dimulai dari Jerusalem.

Ajang ini start lagi dari luar Italia pada musim depan. Pilihannya adalah Budapest di Hungaria. Giro 2022 dimulai pada 6 Mei nanti. Ajang ini dibuka dengan balapan Individual Time Trial (ITT) di lintasan sepanjang 8,6 kilometer di Budapest.

Etape 2 akan dimulai dari Budapest menuju Gyor. Panjang rutenya 175 kilometer. Kemudian para pembalap akan beraksi di Szekesfehervar di Etape 3. Rutenya lebih panjang, 204 kilometer. Lokasi finisnya di Nagykanizsa. Rute lengkap Giro 2022 akan diumumkan pada awal bulan depan. 

RCS Sport dilaporkan akan mengajak Attila Valter (Groupama-FDJ) dalam presentasi rute Giro 2022 ke pecinta balap sepeda. Valter mengenakan jersey pink di tiga etape di Giro 2021.

"Corsa Rosa 2022 akan dimulai pada Jumat, 6 Mei 2022. Kemungkinan akan ada tambahan rest day. Mengingat Grande Partenza edisi ke-105 digelar di luar negeri," kata RCS Sport. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 62

Foto: Cor Vos


COMMENTS