Muhammad Abdurrohman langsung sujud syukur tak lama setelah memenangi balapan individual road race (IRR) di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) balap sepeda 2021, Selasa (26/10). Pembalap asal Surabaya itu menahbiskan dirinya sebagai pemenang kategori men elite. Sementara pembalap andalan Jawa Timur, Crismonita Dwi Putri menjadi juara nasional untuk kategori women elite.

Disiplin road race menjadi salah satu lomba yang paling dinantikan di Kejurnas 2021. Balapan berlangsung di rute sepanjang 65,1 kilometer. Peloton berangkat dari Gedung BJB Garut menuju Puncak Darajat. Lomba ini diikuti total 165 pembalap dari pelbagai daerah di Indonesia.

Abdurrohman tampil sempurna di kategori men elite. Ia finis pertama dengan catatan waktu 1 jam 54 menit 59 detik. Rider tim Nusantara Cycling Team ini unggul dua menit dari Jamalidin Novardianto (Jawa Timur) dan Selamat Juangga (Sumatera Utara).


Muhammad Abdurrohman (Jawa Timur) menjadi yang terbaik di kategori men elite

Pembalap asal Banten, Muhamad Herlangga menempati ranking pertama di kelas men U23. Rekan Abdurrohman di tim Nusantara ini menuntaskan lomba dengan catatan waktu 1 jam 58 menit 30 detik. Terry Yudha Kusuma (Jawa Tengah) dan Kevin Dani Maulana (Bali) menempel di posisi dua dan tiga.

Pembalap Jawa Timur juga berkibar di kelompok men junior. Januar Alki Zulkarnain finis pertama dengan catatan waktu 2 jam 6 menit 51 detik. Maulana Astnan (DKI Jakarta) dan Feri Yudoyono (Jawa Timur) bertengger di peringkat kedua dan ketiga.

Pada nomor women elite, Crismonita Dwi Putri keluar sebagai pemenangnya. Pembalap asal Malang tersebut mencatat waktu 2 jam 31 menit 13 detik. Tempat kedua menjadi milik Selvi Soegianto asal Jawa Tengah. Tempat ketiga dihuni Arfiana Khairunnisa dari DKI Jakarta.

Tuan rumah Jawa Barat mendominasi kelas women U23 melalui Gita Widya Yunika. Gita finis pertama dengan catatan waktu 2 jam 25 menit 57 detik. Pembalap Jogjakarta, Liontin Evangelina Setiawan finis kedua. Sementara tempat ketiga dihuni Anatasya Priatna (Jawa Barat).

Kemudian Hadenova Majid (Jawa Tengah) menjadi yang terbaik di kategori women junior. Pembalap didikan ISSI Kota Semarang itu finis pertama dengan catatan waktu 2 jam 34 menit 9 detik. Imelda Tabita Deswari Putri (Jawa Timur) mengunci posisi kedua. Tempat ketiga menjadi milik Evrilia Zaza Syarnikova (Jawa Tengah). (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 61

Foto: PB ISSI, Instagram Nusantara Cycling Team


COMMENTS