Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Balap Sepeda akan dilangsungkan di Jawa Barat (Jabar). Tepatnya di Kabupaten Garut dan Cimahi. Start akhir pekan nanti, Kejurnas akan dilaksanakan pada 23-31 Oktober. Terdapat 14 nomor yang dilombakan dari lima disiplin balap sepeda.

Pandemi Covid-19 membuat agenda Kejurnas tidak bisa dilakukan di semua nomor. Hanya Kejurnas BMX saja yang bisa berlangsung dalam dua tahun terakhir. Kejurnas BMX 2020 dilaksanakan di Pulomas, Jakarta Timur. Sementara edisi 2021 digeber di Jogjakarta.

"Tidak adanya Kejurnas merugikan para pembalap Indonesia. Terutama terkait peringkat mereka di UCI. Sebab mereka tidak mendapatkan poin," bilang Sekretaris Jenderal PB ISSI Parama Nugroho kepada Mainsepeda.com, Senin (18/10).

Parama menambahkan, Kejurnas 2021 untuk disiplin yang lain seharusnya dilaksanakan sejak Agustus lalu. Akan tetapi, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) serta pandemi yang belum mereda, membuat perhelatan ini ditunda menjadi Oktober.

Ada lima disiplin yang dipertandingkan di Kejurnas 2021 pada pekan depan. Disiplin MTB akan melombakan lima nomor, yakni cross-country team relay (XCR), cross-country eliminator (XCE), cross-country olympic (XCO), downhill, dan enduro.

Kemudian disiplin road melombakan tiga nomor, yaitu individual time trials (ITT), individual road race (IRR), dan criterium. Lalu disiplin track akan melombakan nomor 1 km TT, 500m TT, Omnium, Sprint, Keirin, 4000m IP, 3000m IP, 2000m IP, dan Point Race. Kejurnas juga akan mempertandingkan disiplin BMX freestyle dan trials.

Menurut Parama, sekitar 361 atlet dari 20 provinsi se-Indonesia telah mendaftar. Pembalap penghuni Pelatnas pun siap ambil bagian. Setiap peserta beserta pelatih dan tim pendukung wajib divaksinasi minimal sekali. Selain itu, tes swab antigen akan diberlakukan sebelum lomba.

Seluruh pertandingan di disiplin MTB akan dilaksanakan di Kecamatan Cilawu, Garut. Tiga balapan di disiplin road juga berlangsung di Kota Dodol itu. Sementara disiplin trials, BMX freestyle, dan track dilaksanakan di Velodrome Munaip Saleh, Cimahi.

"Waktu kami mau Munaslub, Ketua ISSI Jabar menyatakan minat bekerja sama dengan PB ISSI untuk menjadi tuan rumah Kejurnas 2021. Awalnya semuannya mau di Garut. Hanya track yang di Cimahi. Dalam perjalanan waktu, kami juga harus memecah keramaian," terang Parama. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 60

Foto: ICF Cycling


COMMENTS