Allan Peiper Mundur dari UAE Team Emirates

Allan Peiper memutuskan mundur sebagai Directeur Sportif (DS) UAE Team Emirates. Pria asal Australia ini adalah sosok sentral di balik keberhasilan Tadej Pogacar menjuarai Tour de France dua musim terakhir. Faktor kesehatan menjadi alasan utamanya harus menyingkir dari panggung balap sepeda.

Pria 61 tahun ini adalah sosok penting bagi Pogacar maupun UAE Team Emirates itu sendiri. Sejak menjabat sebagai DS pada 2019 lalu, Peiper berhasil menghadirkan sukses instan untuk UAE Team Emirates. Ia mengantarkan Tadej Pogacar menjuarai Tour de France 2020. Pogacar mengulanginya pada 2021.

Selain menjadi pembalap terbaik di balapan paling bergengsi di dunia, Pogacar meraih sembilan gelar lain dalam kurun waktu tiga tahun.

BACA JUGA: Allan Peiper, Orang di Balik Sukses Tadej Pogacar Juara Tour de France 2020

Kontribusinya mulai menurun musim ini. Peiper lebih banyak menghabiskan waktu dan memusatkan konsentrasi untuk melawan kanker. Pada akhirnya, ia memutuskan untuk pergi dari olahraga yang sudah ia geluti sejak usia 12 tahun.
Peiper mundur sebagai DS di UAE Team Emirates. Ia memberi tahu Het Nieuwsblad bahwa keputusan ini diambil sejak dua minggu lalu. Namun hingga berita ini ditulis, UAE Team Emirates masih belum memberikan pernyataan resmi terkait hal ini.

"Saya tak lagi memiliki energi besat karena harus menjalani perawatan. Saya merasa refleks dan konsentrasi saya sudah tak bisa lagi untuk pekerjaan ini. Sudah waktunya saya mundur," ungkap Peiper.

Peiper sudah mengucapkan selamat tinggal kepada pembalap dan staf tim di sela balapan Paris-Roubaix, akhir pekan ini. "Saya pikir fantastis untuk bisa pensiun setelah balapan yang heroik. Perlombaan telah memikat seluruh hidup saya, tetapi sekarang saya menantikan sisa hidup saya," akunya. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 58

Foto: Lorenzo Fizza Verdinelli, Guliverimage


COMMENTS