Tour Down Under 2022 Resmi Dibatalkan

Balapan terbesar di Australia, Tour Down Under (TDU) dipastikan tak akan digelar pada musim 2022. Pandemi Covid-19 lagi-lagi menjadi penyebabnya. Selain TDU, Cadel's Great Ocean Road Race 2022 juga turut dibatalkan.

"Kami telah sepenuhnya menjelajahi semua jalan. Tetapi sayangnya pada akhirnya penutupan perbatasan dan persyaratan karantina untuk lebih dari 400 orang, masih diberlakukan. Serta terlalu sulit untuk diatasi," bilang Hitaf Rasheed, Direktur Eksekutif Event Australia Selatan dalam keterangan resminya.

TDU adalah event pembuka WorldTour. Digelar pada awal tahun. Sekitar Januari. TDU kali terakhir digelar pada 2020 lalu. Sebelum pandemi meluas di dunia. Setelah itu, pihak penyelenggara memutuskan untuk meniadakan TDU 2021. Pandemi Covid-19 menjadi menjadi alasannya.

"Santos Tour Down Under adalah event yang sangat disukai di dunia sepeda. Masuk dalam kalender olahraga di Australia. Serta pendorong ekonomi penting bagi Australia Selatan. TDU menarik 44.000 orang, membuka 742 pekerjaan, dan memberi pemasukan USD 66 juta ke perekonomian pada pelaksanaan 2020," imbuhnya.

Pemerintah Victoria sebagai tuan rumah Cadel's Great Ocean Road Race 2022, mengamini tentang pembatalan event tersebut. "Visit Victoria telah diberitahu bahwa tim WorldTour tidak akan dapat melakukan perjalanan ke Australia sebab ada aturan terkait karantina nasional," tulis Visit Victoria.

Pada 2021 lalu, TDU digantikan Santos Festival of Cycling. INi adlaah sebuah event nasional yang melombakan seluruh nomor di cabang balap sepeda. Termasuk cyclocross, paracycling, track cycling, MTB, BMX, dan road race. Rencananya, acara serupa akan berlangsung tahun depan.

"Meskipun acara besar internasional tak digelar, kami akan merayakan bersepeda pada Januari 2022 dengan cara terbaik yang kami tahu. Dengan menyambut pengunjung ke Adelaide sekali lagi untuk memulai tahun baru," kata Perdana Menteri Australia Selatan, Steven Marshall. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 58

Foto: Cor Vos


COMMENTS