EF Education-Nippo Dapatkan Christian Eiking

Odd Christian Eiking mengakhiri empat musim pengabdiannya di Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux (IWG). Pembalap asal Norwegia tersebut memutuskan pindah ke EF Education-Nippo mulai musim depan. Ia meneken kontrak berdurasi dua musim. Berlaku hingga 2023.

Nama Eiking mencuat di La Vuelta a Espana 2021. Rider asal Norwegia ini memuncaki General Classification dan mengenakan jersey merah selama tujuh etape. Hanya saja ia tidak bisa mempertahankannya di lima etape terakhir. Ia finis kesebelas. Terpaut lebih dari 25 menit dari Primoz Roglic (Jumbo-Visma).

Performa Eiking sepanjang 2021 membuat EF Education-Nippo. Mereka berhasil mengikat pembalap 26 tahun ini dengan kontrak dua musim. Berlaku mulai 2022. CEO tim Jonathan Vaughters mengaku sudah mengawasi Eiking di berbagai lomba. Mulai dari Clasica de San Sebastian hingga La Vuelta a Espana.

"Saya menonton semuanya. Saya berbicara dengan agennya sepanjang waktu. Ketika ada kesempatan untuk mendapatkannya, saya berpikir tanpa ragu," kata Vaughters dalam keterangan resminya.

Vaughters memuji nyali serta sikap Eiking saat timnya melakukan pendekatan. Eiking bahkan tidak mau bicara tentang kontrak. Ia mau nilainya dibahas setelah apa yang ditunjukkan di lomba.

"Saya pikir orang ini memiliki nyali untuk menolak tawaran potensial dan ingin menunjukkan kapasitasnya terlebih dahulu," puji Vaughters.

Mengenakan jersey merah selama tujuh hari di La Vuelta a Espana menjadi pencapaian terbesar Eiking selama membela IWG. Periode itu mengubahnya sebagai pembalap. Memberinya lebih banyak rasa percaya diri, serta melihat kans untuk bersama dengan rider terbaik.

Eiking ingin melanjutkan tren apik ini bersama EF Education-Nippo. Ia akan bergabung dengan nama top lain macam Esteban Chaves, Rigoberto Uran, dan Magnus Cort. Ini terlihat seperti grup yang sangat bagus dan saya ingin menjadi bagian darinya," katanya. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 55

Foto: ASO


COMMENTS