Beres La Vuelta, Gowes 1.000 Km untuk Pulang ke Rumah

Melahap rute sejauh 3.417 kilometer selama tiga pekan di La Vuelta a Espana 2021, tampaknya belum cukup memuaskan Luis Angel Mate (Euskaltel-Euskadi). Rider asal Spanyol itu masih melahap 1.000 kilometer tambahan untuk mencapai kediamannya di Marbella.

Balapan terbesar di Spanyol ini selesai di Santiago de Compostela, Minggu (5/9) lalu. Mate termasuk ke dalam 142 pembalap yang berhasil menyelesaikan 21 etape di ajang ini. Climber 37 tahun itu finis ke-30 di klasemen overall.

Secara keseluruhan, Mate telah menyelesaikan 3.417 kilometer di Grand Tour pemungkas musim ini. Seolah tak lelah, ia masih menambah 1.000 kilometer lagi untuk mencapai rumahnya di Marbella, kawasan Andalusia di selatan Spanyol. Ia bersepeda pulang selama enam hari, menjuluki perjalanannya dengan "Vuelta de la Vuelta".

"Ketika saya melihat Vuelta selesai di Santiago de Compostela, ide untuk melakukan petualangan seperti ini langsung muncul di benak saya. Ini adalah kesempatan unik untuk menikmati bersepeda dengan cara yang berbeda dari kompetisi," tulis Mate dalam kolom untuk Volata.
"Saya hanya ingin gowes dan pulang tanpa menggunakan pesawat atau mobil. Mengandalkan tenaga saya sendiri. Agar selaras dengan diri saya dan lingkungan saya. Ini adalah perjalanan berharga yang harus saya lakukan untuk memutus siklus yang Anda alami setelah tiga minggu balapan," imbuhnya.

Mate telah menjadi pembalap profesional selama 14 tahun. Menghabiskan sebagian besar kariernya di skuad asal Prancis, Cofidis. Tahun ini ia bergabung dengan skuad Basque, Euskaltel-Euskadi, yang kembali ke jajaran profesional dan ke Vuelta a Espaa setelah absen selama tujuh tahun.

"Bagi saya, bersepeda lebih dari sekadar olahraga atau pekerjaan; ini adalah cara untuk memahami kehidupan dan mengetahui siapa Anda," tulis Mate. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 55

Foto: Getty Images, ASO


COMMENTS