Roglic Kalahkan Bernal dan Rebut Jersey Merah

Primoz Roglic (Jumbo-Visma) menghancurkan Egan Bernal (Ineos Grenadiers) di Etape 17 La Vuelta a Espana 2021, Rabu (1/9). Sang juara bertahan menaklukkan pemenang Giro d'Italia 2021 ini di Lagos De Covadonga, tanjakan terberat di panggung ini.

Etape 17 menghadirkan rute sepanjang 185,8 kilometer. Terdapat empat tanjakan yang harus dilalui. Covadonga merupakan yang terberat. Ini adalah tanjakan Hors Categorie (HC) sepanjang 12,5 persen dan gradien rata-rata 7,3 persen.
Roglic dan Bernal unjuk gigi di sepertiga akhir balapan ini. Ketika Bernal menyerang di sisa 61 kilometer, Roglic membuntutinya. Keduanya terus bersama hingga sepuluh kilometer pemungkas. Roglic tancap gas saat nanjak di Covadonga. Lalu meninggalkan Bernal di tujuh kilometer terakhir.

Saat Roglic menambah kecepatannya, Bernal justru sempoyongan. Pembalap asal Kolombia ini berhasil disusul grup pengejar yang terdiri dari enam pembalap, seperti Enric Mas (Movistar), Sepp Kuss (Jumbo-Visma), dan rekan setimnya di Ineos Grenadiers, Adam Yates.
Roglic terus melaju hingga menjadi pembalap pertama yang mencapai garis finis. Ia mencatatkan waktu 4 jam 34 menit 45 detik. Sementara Kuss dan Miguel Angel Lopez (Movistar) finis kedua dan ketiga dengan selisih 1 menit 35 detik.

"Selalu ada risiko dalam bersepeda. Banyak hal selalu bisa terjadi," ucap Roglic ketika ditanya soal keputusan mengikuti Bernal di sepertiga terakhir balapan. "Itulah balapan. Pada akhirnya saya hanya pergi bersamanya," jelas pembalap 31 tahun ini.

Keputusan Roglic memang tepat. Selain tak terkejar oleh rider lain, ia berhasil menjatuhkan Bernal di Covadonga. Roglic bersyukur karena kakinya cukup kuat untuk menaklukkan tanjakan itu. "Semua berjalan dengan baik. Itu adalah pertunjukan yang nyata. Balapan yang nyata," sebutnya.
Tak sekadar menang, Roglic juga berhasil merebut jersey merah kembali. Ia memuncaki General Classification (GC), menggusur Christian Eiking (Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux). Pembalap Norwegia ini melorot ke posisi sebelas setelah finis ke-23 di Etape 17.

Setelah habis-habisan di Etape 17, pembalap harus bekerja keras lagi di Etape 18. Panggung ini menghadirkan medan sepanjang 162,6 kilometer. Dari Salas menuju Altu d’El Gamoniteiru. Ada satu tanjakan Kategori 2 dan dua tanjakan Kategori 1 yang harus dilibas.

Gamoniteiru akan menjadi sajian utama. Ini adalah tanjakan HC sepanjang 14,6 kilometer dan gradien rata-rata 9,8 persen. "Saya dalam posisi bagus di GC. Tetapi selisihnya tidak pernah besar. Kami harus tetap tajam dan terus membalap sebagai sebuah tim. Saya memiliki setiap keyakinan dalam hal itu," tegas Roglic. (mainsepeda)

Hasil Etape 17 La Vuelta a Espana 2021 (Top Ten)
1. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma 4 jam 34 menit 45 detik
2. Sepp Kuss (Amerika Serikat), Jumbo-Visma +1:35
3. Miguel Angel Lopez (Kolombia), Movistar +1:35
4. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers +1:35
5. Jack Haig (Australia), Bahrain Victorious +1:35
6. Enric Mas (Spanyol), Movistar +1:35
7. Egan Bernal (Kolombia), Ineos Grenadiers +1:35
8. Gino Mäder (Swiss), Bahrain Victorious +1:35
9. Louis Meintjes (Afrika Selatan), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +2:29
10. Clément Champoussin (Prancis), AG2R Citroën +2:44

General Classification usai 17 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma 68 jam 42 menit 56 detik
2. Enric Mas (Spanyol), Movistar +2:22
3. Miguel Angel Lopez (Kolombia), Movistar Team +3:11
4. Jack Haig (Australia), Bahrain Victorious +3:46
5. Guillaume Martin (Prancis), Cofidis +4:16
6. Egan Bernal (Kolombia), Ineos Grenadiers +4:29
7. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers +4:45
8. Sepp Kuss (Amerika Serikat), Jumbo-Visma +5:04
9. Felix Grossschartner (Austria), Bora-Hansgrohe +6:54
10. Gino Mäder (Swiss), Bahrain Victorious +6:58

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 54

Foto: Getty Images, ASO


COMMENTS