Eiking Ingin Lebih Lama Kenakan Jersey Merah

Christian Eiking (Intermarche-Wanty-Gobert Materiaux) membukin kejutan. Ia mendominasi jersey merah sepanjang pekan kedua La Vuelta a Espana 2021. Rider asal Norwegia itu mengungguli juara bertahan Primoz Roglic (Jumbo-Visma) selama enam etape beruntun.

Eiking berada di puncak general classification (GC) dengan catatan waktu  59 jam 57 menit 50 detik. Lalu, ada Guillaume Martin (Cofidis) yang membuntutinya di posisi kedua dengan selisih kurang dari semenit. Roglic berada di ranking ketiga. Pembalap asal Slovenia itu terpaut 96 detik.

Vuelta a Espana 2021 memasuki pekan terakhir hari ini (31/8). Pembalap akan melaju di medan sepanjang 180 kilometer. Dari Laredo menuju Santa Cruz de Bezana. Selain itu, para pembalap disuguhi tiga tahap pegunungan serta satu balapan individual time trial (ITT) di etape penutup.

Kemampuan dan kekuatan Eiking akan diuji dalam pekan terakhir ini. Jika mampu bertahan di puncak GC hingga etape pemungkas, Eiking akan ditahbiskan sebagai juara baru balapan terakbar di Spanyol tersebut.

Eiking memang belum setangguh Roglic atau Enric Mas (Movistar), dan Egan Bernal (Ineos Grenadiers). Rider 26 tahun itu menyadarinya. Ia bahkan paham akan mengalami kesulitan di Lagos de Covadonga di etape 17.

"Tapi, saya masih akan berjuang dan melihat apa yang terjadi. Saya menghabiskan beberapa hari dengan jersey merah dan semua orang sangat termotivasi. Saya mengambil peran ini dengan sangat serius. Jika saya bisa menyimpan jersey lebih lama, itu akan luar biasa," katanya dilansir Cyclingnews. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 53

Foto: Getty Images


COMMENTS