Primoz Roglic Meraih Red Jersey Pertama

Juara bertahan Primoz Roglic (Jumbo-Visma) mengulang cerita musim lalu. Pembalap Slovenia ini memenangi etape pembuka La Vuelta a Espana 2021, Minggu (15/8) dini hari waktu Indonesia. Hasil tersebut membuat rider 31 tahun ini merebut jersey merah pertama.

Vuelta a Espana musim ini dibuka dengan lomba individual time trial (ITT) di Burgos. Jaraknya 7,1 kilometer. Medannya cenderung flat. Hanya ada satu tanjakan Kategori 3 di Alto del Castillo. Panjangnya 1,2 kilometer dengan kemiringan rata-rata 7,1 persen.

Sebagai juara bertahan, Roglic diunggulkan di tahapan ini. Apalagi ia adalah pemenang medali emas nomor ITT di Olimpiade Tokyo. Benar saja, Roglic tampil sempurna di Etape 1. Start di posisi terakhir, ia menuntaskan tahapan ini dengan catatan waktu 8 menit 32 detik.

Pembalap tuan rumah, Alex Aranburu (Astana-Premier Tech) finis kedua dengan selisih enam detik. Kemudian Jan Tratnik (Bahrain Victorious) di peringkat ketiga dengan gap delapan detik.

"Saya sangat senang dan senang dengan hasil hari ini," katanya selepas lomba, "Tujuh kilometer masih sangat sulit. Anda tidak menginginkan lebih ketika Anda melewati batas. Sulit, semuanya habis-habisan dari awal hingga akhir," jabar Roglic.

Roglic mengaku tidak tahu persis di mana poin yang membuat perbedaan. Roglic hanya fokus ke lintasan. Lalu bergerak lurus ke atas dan kemudian melewati tikungan dengan baik. "Saya mulai sedikit lebih lambat dan kemudian menambah kecepatan," bilang runner-up Tour de France 2020 ini.

Kemenangan ini membawanya meraih jersey merah pertama di Vuelta a Espana. Roglic sekaligus membangun jarak dengan pesaing terkuatnya, Egan Bernal (Ineos Grenadiers). Pembalap asal Kolombia ini terpaut jarak 27 detik di klasifikasi umum.

"Kita lihat saja apakah saya bisa mempertahankan jersey merah ini selama tiga minggu. Ini awal yang bagus untuk balapan ini. Semoga kami bisa menikmati ini bersama tim dalam beberapa hari mendatang," harapnya. (mainsepeda)

Hasil Etape 1 La Vuelta a Espana 2021 (Top Ten)
1. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma 8 menit 32 detik
2. Alex Aranburu (Spanyol), Astana-Premier Tech +6
3. Jan Tratnik (Slovenia), Bahrain Victorious +8
4, Tom Scully (Selandia Baru), EF Education-Nippo +10
5. Josef Cerny (Republik Ceko) Deceuninck-QuickStep +10
6. Dylan van Baarle (Belanda), Ineos Grenadiers +11
7. Andrea Bagioli (Italia), Deceuninck-QuickStep +12
8. Lawson Craddock (Amerika Serikat), EF Education-Nippo +13
9. Michael Matthews (Australia), Team BikeExchange +14
10. Aleksandr Vlasov (Rusia), Astana-Premier Tech +14

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 52

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images


COMMENTS