Rider Singapura Gabung Tim WorldTour Sebagai Stagiaire

Kesempatan bagus didapatkan pembalap Singapura, Choon Huat Goh. Ia bergabung dengan salah satu peserta WorldTour Team BikeExchange sebagai stagiaire. Rider 30 tahun itu akan tampil di Tour de Slovaquie pada September nanti.

Stagiaire atau pembalap magang adalah mereka yang mendapatkan kesempatan bergabung dengan tim profesional selama beberapa bulan di akhir musim. Biasanya, seorang stagiaire adalah pembalap muda.

Bergabungnya Choon Huat Goh ke Team BikeExchange tak lepas dari kolaborasi tim asal Australia itu dengan Federasi Bersepeda Singapura. Kerja sama ini terjalin berkat peran eks General Manager GreenEDGE, Shayne Bannan yang kini menjabat Direktur Kinerja Tinggi untuk Federasi Bersepeda Singapura.

"Setelah sinergi sebelumnya di Asia, ini adalah kemitraan menarik lainnya dan kami senang bekerja sama dengan Shayne dan Federasi Bersepeda Singapura untuk mendukung pengembangan bersepeda di kawasan ini," bilang Brent Copeland, General Manager GreenEDGE Cycling dalam keterangan resminya.

Presiden Federasi Bersepeda Singapura, Hing Siong Chen menjelaskan, kerja sama ini merupakan bagian dari rencana Singapura untuk secara konsisten mengamankan podium di balapan besar. Serta membuat Singapura dapat bersaing dengan negara lain di kawasan Asia Tenggara, bahkan internasional.

"Saya bersyukur mendapatkan kesempatan untuk membalap bersama Team BikeExchange. Ini adalah mimpi bagi setiap pembalap untuk dapat melangkah ke dalam agenda WorldTour dan mengendarai pro peloton," kata Choon Huat Goh.

Sebagai pembalap dari Asia Tenggara, bergabung dengan tim WorldTour merupakan pengalaman tiada duanya. Choon Huat Goh memperkuat tim Continental asal Malaysia, Terengganu Cycling Team mulai 2015 hingga kini. Ia baru membalap di lima ajang selama musim 2021.

Selanjutnya, ia akan tampil di Tour de Slovaquie. Balapan kategori 2.1 ini akan berlangsung lima etape pada 15-19 September mendatang. Saat ini Choon Huat Goh bergabung dengan sejumlah pembalap di pemusatan latihan tim di Girona, Spanyol. Ia punya waktu dua bulan untuk mempersiapkan diri.

"Saya menantikan balapan dengan tim dan mendapatkan paparan balapan tentang semua yang dijalankan di level ini. Serta melakukan yang terbaik untuk mendukung tim sebanyak yang saya bisa," ucap Choon Huat Goh. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 51

Foto: Team BikeExchange


COMMENTS