Primoz Roglic Mundur dari Tour de France 2021

Perjalanan Primoz Roglic di Tour de France 2021 berakhir Minggu (4/7). Pembalap asal Slovenia ini memutuskan mundur dari gelaran balap sepeda paling bergengsi di dunia tersebut. Ia terpaksa angkat kaki lantaran tak kuasa menahan sakit akibat kecelakaan di Etape 3 lalu.

Kecelakaan di sepuluh kilometer terakhir di Etape 3 itu memang tidak menyebabkannya menderita patah tulang. Namun sekujur tubuh Roglic dipenuhi luka yang menganga. Dalam sebuah unggahan di akun media sosial, Roglic menyebut dirinya seperti mumi karena dipenuhi penutup luka.

Insiden ini berdampak sangat besar. Roglic benar-benar kesakitan di dua etape terakhir. Ia tercecer di Etape 7 dan hancur lebur di Etape 8. Rider 31 tahun itu berada di peringkat 51 di General Classification (GC). Terpaut hampir 52 menit dari Tadej Pogacar (UAE Team Emirates) yang kini menguasai yellow jersey.

Sebelum dimulainya Etape 9 pada Minggu sore waktu Indonesia, Jumbo-Visma mengumumkan bahwa Roglic tidak akan start. Runner-up Tour de France 2020 itu memutuskan mundur lantaran proses pemulihan luka yang lambat.

"Kami membuat pilihan ini bersama-sama," kata Roglic. "Tidak ada gunanya melanjutkan balapan dengan cara ini. Sekarang saatnya untuk pulih dan fokus pada tujuan baru. Saya sangat kecewa sebab harus meninggalkan Tour de France. Tapi saya harus menerima ini apa adanya. Saya tetap optimis dan melihat ke depan," imbuhnya.

Sebenarnya, Roglic tidak berpikir kecelakaan di Etape 3 itu akan bakal membuatnya sangat kesakitan sehingga harus out dari Tour de France 2021. Akan tetapi, Roglic menyadari bahwa lukanya tak kunjung membaik. "Meski saya mengejutkan diri sendiri di time trial, saya memiliki firasat buruk lagi beberapa hari setelahnya," ucapnya.

Kini Roglic bisa fokus untuk tujuan terdekat, yakni Olimpiade Tokyo yang akan dimulai 23 Juli nanti. Setelah itu, Roglic bisa fokus untuk hat-trick juara di La Vuelta a Espana 2021.

Ketiadaan Roglic membuat Jumbo-Visma mengaktifkan rencana cadangan. Mereka memberi kesempatan kepada Wout van Aert, Jonas Vingegaard, dan Sepp Kuss untuk unjuk gigi. Dari stok pembalap Jumbo-Visma yang tersisa, hanya Kuss yang belum mengalami kecelakaan di Tour de France musim ini. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 48

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: ASO


COMMENTS