Teuns Menang, Pogacar Hancurkan Semua Pesaing GC

Yang dinantikan Tadej Pogacar akhirnya datang jua. Rider UAE Team Emirates ini berhasil melengserkan Mathieu van der Poel (Alpecin-Fenix) dari puncak General Classification (GC). Sekaligus meraih jersey kuning. Sementara itu, Etape 8 Tour de France 2021 menjadi milik Dylan Teuns (Bahrain Victorious).

Etape ini membawa peloton menghadapi medan tanjakan. Panjangnya 150,8 kilometer. pembalap berangkat dari Oyonnax menuju Le Grand-Bornand. Terdapat tiga tanjakan Kategori 1 yang harus ditaklukkan. Yakni di Côte de Mont-Saxonnex, Col de Romme, dan Col de la Colombière.

Enam pembalap melakukan breakaway saat lomba baru memasuki kilometer ketiga. Ada Sergio Henao (Qhubeka NextHash), Sepp Kuss (Jumbo-Visma), Michael Woods (Israel Start-Up Nation), Mattia Cattaneo (Deceuninck-QuickStep), Wout Poels (Bahrain Victorious), dan Stefan de Bod (Astana-Premier Tech).

Namun keunggulan mereka tak berlangsung lama. Keenam pembalap itu ditangkap peloton di 15 kilometer seusai start. Tak lama berselang, percobaan breakaway kembali dilakukan sepuluh pembalap. Salah satunya Wout van Aert (Jumbo-Visma). Tapi lagi-lagi aksi mereka digagalkan peloton.

Pelbagai manuver terjadi di sisa 100 kilometer. Hingga akhirnya Poels melakukan aksi solo setelah menaklukkan Côte de Menthonnex-en-Bornes, sekitar 80 kilometer menuju finis. Meninggalkan 17 pembalap di belakangnya dengan gap hampir semenit. Ia baru tertangkap di sisa 50 kilometer.

Kelompok terdepan, yang kini berjumlah 18 pembalap, pecah lagi di sisa 35 kilometer. Kali ini giliran Woods yang memimpin di depan. Lalu Teuns unjuk gigi saat Woods rontok di 15 kilometer menjelang finis. Ia tak terkejar. Pembalap Belgia itu finis pertama di Le Grand-Bornand.

Teuns menyelesaikan tahapan ini dengan catatan waktu 3 jam 54 menit 41 detik, Ion Izagirre (Astana-Premier Tech) di posisi kedua dengan gap 44 detik. Sedangkan Woods di peringkat ketiga dengan selisih 47 detik. Ini adalah kemenangan pertama Teuns setelah Etape 5 Vuelta a Andalucia 2020.

"Ini adalah hasil yang sangat menakjubkan. Saya mengalami musim yang sulit pada tahun ini. Berulang kali menargetkan kemenangan, tapi tidak pernah mendekati. Akhirnya, saya bisa merayakannya saat ini," kata Teuns.

Rider 29 tahun itu mempersembahkan kemenangan ini untuk mendiang kakeknya yang berpulang sebelum dimulainya Tour de France 2021. Wafatnya sang kakek menjadi pukulan telak untuknya. "Itu sebabnya saya menunjuk ke langit," katanya seraya menangis.

Etape 8 sekaligus menjadi momen lengsernya Van der Poel dari puncak GC. Pembalap asal Belanda itu tampak kepayahan di tanjakan. Membuatnya kehilangan jersey kuning karena finis ke-44. Terpaut lebih dari 21 menit dari Teuns.

Sebagai gantinya, Pogacar melejit ke puncak setelah finis di posisi empat. Pembalap 22 tahun ini ditempel Wout van Aert (Jumbo-Visma) dengan selisih lebih dari semenit. Pogacar akan mengenakan jersey kuning saat start di Etape 9 di Cluses, Minggu (4/7) esok.

"Saya tidak membunuh persaingan di Tour de France. Balapan ini masih panjang. Hari ini saya membuat jarak. Mungkin besok seseorang akan melakukannya. Sekarang kami akan mempertahankan posisi yang telah kami raih," tegas Pogi, sapaan akrabnya. (mainsepeda)

Hasil Etape 8 Tour de France 2021 (Top Ten)
1. Dylan Teuns (Belgia), Bahrain Victorious 3 jam 54 menit 41 detik
2. Ion Izagirre (Spanyol), Astana-Premier Tech +44
3. Michael Woods (Kanada), Israel Start-Up Nation +47
4. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates +49
5. Wout Poels (Belanda), Bahrain Victorious 2:33
6. Simon Yates (Inggris), Team BikeExchange 2:43
7. Aurelien Paret-Peintre (Prancis), AG2R Citroën 3:03
8. Guillaume Martin (Prancis), Cofidis 3:03
9. Mattia Cattaneo (Italia), Deceuninck-QuickStep 4:07
10. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma 4:07

General Classification usai 8 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates 29 jam 38 menit 25 detik
2. Wout Van Aert (Belgia), Jumbo-Visma +1:48
3. Alexey Lutsenko (Kazakhstan), Astana-Premier Tech +4:38
4. Rigoberto Uran (Kolombia), EF Education-Nippo +4:46
5. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma 5:00
6. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers +5:01
7. Wilco Kelderman (Belanda), Bora–Hansgrohe +5:13
8. Enric Mas (Spanyol). Movistar +5:15
9. David Gaudu (Prancis), Groupama–FDJ +5:52
10. Pello Bilbao (Spanyol), Bahrain Victorious +6:41

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 48

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images, Bettini Photo


COMMENTS