Sidang Penonton "Allez Opi-Omi" Digelar Oktober

Penonton yang menyebabkan kecelakaan besar di Etape 1 Tour de France 2021, ternyata ditahan lebih dari sehari. Kasus ini terus berlanjut meski Amaury Sport Organisation (ASO) selaku penyelenggara lomba telah mencabut tuntutannya atas wanita 31 tahun tersebut.

Menurut AFP, penonton yang membawa karton bertuliskan "Allez Opi-Omi" itu ditangkap pada Rabu (30/6). Dia dibebaskan pada Jumat (2/7) pagi. Pihak kepolisian melindungi identitas pelaku. Mereka hanya mengungkapkan bahwa penonton ini tinggal di dekat Landerneau.

Dalam konferensi pers Kamis (1/7) malam, jaksa setempat mengatakan bahwa penonton ini merasa malu dan takut. Serta tertekan oleh dampak pemberitaan di media. Dia mengakui "kebodohannya" tapi dia perlu mencerna peristiwa itu sebelum menyerahkan diri ke polisi.

Penonton ini didakwa dengan dua pelanggaran. Salah satunya karena "secara tak sengaja menyebabkan cedera yang menyebabkan ketidakmampuan untuk bekerja hingga tiga bulan". Menurut Le Parisien, penonton ini ditahan lebih lama untuk memberi contoh ke orang lain.

"Orang tidak bisa lagi mengatakan bahwa mereka tidak diperingatkan," bilang seorang petugas kepolisian setempat.

Kasus ini akan diadili di pengadilan di Brest pada 14 Oktober mendatang. Penonton ini terancam hukuman denda hingga 1.500 euro. Hukuman itu bisa bertambah jika ada individu atau kelompok yang mengajukan tuntutan sendiri.

ASO sebagai penyelenggara lomba telah mencabut tuntutan mereka atas penonton tersebut. "Kami mencabut keluhan kami. Cerita ini meledak di luar proporsi. Tapi kami ingin mengingatkan semua orang tentang aturan keselamatan dalam perlombaan," kata bos ASO Christian Prudhomme.

Akan tetapi, Marc Soler (Movistar) yang mengalami patah lengan, sedang mempertimbangkan untuk menuntut penonton ini. Soler tampak sangat kesal. Apalagi cedera ini menutup peluangnya tampil di La Vuelta a Espana 2021, Agustus nanti.

"Saya harus menghabiskan antara tiga dan empat minggu tanpa melakukan apa-apa. Ini berarti saya akan kehilangan performa. Saya berharap bisa balapan lagi. Tetapi saya bisa mengucapkan selamat tinggal pada La Vuelta," tulis Soler di Lavanguardia. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 48

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Sporza


COMMENTS