RatjoenCC Consistency Challenge
Event Seru Ratjoen CC, Ajak Member Melawan Mager
by - July 02, 2021

Pandemi Covid-19 melejit lagi. Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat diberlakukan hingga akhir Juli. Bagi pesepeda, pandemi bukan halangan untuk tetap berolahraga. Hanya saja ada kebiasaan baru yang harus dilakukan. Selain menaati protokol kesehatan, jumlah grup gowes juga dipangkas.

Nah, salah satu komunitas terbesar di Indonesia, Ratjoen Cycling Club (CC) mengadakan event seru sepanjang bulan ini. Namanya RatjoenCC Consistency Challenge. Syaratnya mudah. Member Ratjoen CC diajak gowes satu bulan penuh sepanjang Juli ini.

Jarak tempuhnya minimal 25 kilometer untuk sekali ride. Peserta yang menuntaskan jarak tersebut setiap hari akan mendapat satu poin. Tidak berlaku kelipatan. Jadi, jumlah maksimal yang bisa didapat tiap peserta challenge ini adalah 31 poin.

Peserta dengan jumlah poin tertinggi akan menjadi pemenang. Apabila ada perolehan poin yang sama, akan dihitung jarak terjauh. Panitia sudah mempersiapkan grup khusus di Strava untuk memantau aktivitas gowes para peserta.

Dari sekitar 360 anggota Ratjoen CC, lebih dari separuhnya telah berpartisipasi di ajang ini. Peserta bukan hanya anggota lama saja, banyak member baru yang turut berpartisipasi. "Menurut kami, orang tetap harus berolahraga pada saat pandemi. Namun harus sesuai protokol kesehatan. Jangan mager," kata Santoso, ketua pantia event ini.

"Kemudian kami berpikir untuk membuat suatu challenge agar anggota Ratjoen tetap aktif berolahraga. Ternyata program ini mendapat sambutan positif," imbuhnya. Tak hanya jumlah pesertanya saja yang banyak, event ini juga banjir sponsor.

RatjoenCC Consistency Challenge didukung oleh Trek Indonesia, Bank Mandiri, Rukun Makmur Bike Shop, Strive, BPR Lestari, Auto2000 Sukun, Wilis Bike, dan SUB Jersey. Tak ketinggalan sumbangan dari beberapa member dan tentu saja support dari tim panitia.

Event ini bisa diikuti anggota Ratjoen CC yang berasal dari luar kota, luar pulau, bahkan yang kini di luar negeri. Apalagi panitia membebaskan peserta untuk gowes indoor maupun outdoor. Yang penting misi untuk mengajak anggota Ratjoen CC tetap berolahraga selama pandemi, berhasil dicapai.

"Kalau mau gowes berkelompok ya jangan banyak-banyak. Maksimal lima orang. Tidak perlu makan-makan atau nongkrong. Setelah gowes langsung pulang ke rumah masing-masing. Jangan lupa menaati protokol kesehatan," pesan Ketua Ratjoen CC Pudjiyanto Oentoro.

Pada penghujung bulan nanti, sebanyak 25 finisher terbaik akan mendapatkan kaus edisi khusus. Kemudian lima peserta pendulang poin terbanyak akan memperoleh hadiah e-money dari Bank Mandiri. Para cyclist newbie juga tak perlu risau. Anda tinggal mengumpulkan setidaknya sepuluh poin untuk ikut undian doorprize.

Hadiahnya sangat menarik. Ada bike computer Wahoo. Serta helm Bontrager dan Giro persembahan Trek Indonesia. "Jadi pemenangnya bukan hanya cyclist kuat saja. Yang penting bisa mendapatkan sepuluh poin maka punya kesempatan untuk ikut undian," timpal Irawan Djakaria, pentolan Ratjoen CC. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 48

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Dokumentasi Ratjoen CC


COMMENTS