Merlier Menang, Sagan dan Roglic Kecelakaan

Ada begitu banyak kecelakaan di Etape 3 Tour de France 2021, Senin (28/6). Melibatkan pembalap kondang macam Peter Sagan (Bora-Hansgrohe) hingga Primoz Roglic (Jumbo-Visma). Etape ini dimenangkan Tim Merlier (Alpecin-Fenix) lewat adu sprint di Pontivy.

Menempuh total jarak 182,9 kilometer, Etape 3 dimulai dari Lorient menuju Pontivy. Mayoritas medannya adalah flat dengan dua tanjakan Kategori 4 di Côte de Cadoudal dan Côte de Pluméliau. Ide Schelling (Bora-Hansgrohe) lagi-lagi membentuk kelompok breakaway. Mereka memisahkan diri dari peloton sejak start.

Kecelakaan pertama terjadi saat lomba tersisa 144 kilometer. Geraint Thomas (Ineos Grenadiers) tersungkur ke aspal saat peloton melewati speed bump. Membuatnya terjatuh bersama Luke Rowe (Ineos Grenadiers), serta dua pembalap Jumbo-Visma, yakni Robert Gesink dan Tony Martin.

Thomas dilaporkan mengalami dislokasi bahu. Namun ia masih dapat melanjutkan balapan. Rowe dan Martin juga bisa melaju lagi. Sedangkan Gesink harus keluar dari Tour de France.

Schelling menyudahi serangannya setelah mencapai puncak Côte de Cadoudal. Ia kembali ke peloton dan menyisakan empat pembalap di grup terdepan. Mereka berhasil tertangkap rombongan besar di sisa 15 kilometer.
Sepuluh kilometer terakhir benar-benar penuh drama. Pertama saat Primoz Roglic mengalami crash. Rider Slovenia ini melanjutkan lomba dengan luka di bahu dan paha sebelah kiri. Namun ia kehilangan waktu lebih dari satu menit karena harus memulihkan diri.

Kecelakaan kembali terjadi di sisa lima kilometer. Kali ini ada lebih banyak pembalap yang tumbang. Termasuk juara bertahan Tadej Pogacar (UAE Team Emirates) dan Jack Haig (Bahrain Victorious). Haig terpaksa out karena tidak bisa melanjutkan balapan.
Kecelakaan terakhir terjadi di kilometer pemungkas. Melibatkan superstar Peter Sagan (Bora-Hansgrohe) dan Caleb Ewan (Lotto Soudal). Tampak roda depan Ewan menyentuh roda belakang Tim Merlier (Alpecin-Fenix). Membuat pembalap Australia ini terjatuh dan menabrak Sagan di sisa 150 meter.

Dalam etape yang penuh dengan kecalakaan itu, Merlier berhasil mencatatkan diri sebagai pemenang. Pembalap Belgia ini membukukan catatan waktu 4 jam 1 menit 28 detik. Rekan setimnya di Alpecin-Felix Jasper Philipsen dan Nacer Bouhanni (Arkea-Samsic) finis di posisi kedua dan ketiga.
Berbagai insiden di etape ini membuat komposisi pembalap di General Classification (GC) berubah. Rider andalan Ineos Grenadiers, Richard Carapaz naik 15 peringkat ke posisi tiga. Wout Van Aert (Jumbo-Visma) juga melesat 15 peringkat ke ranking empat.

Sementara Roglic melorot dari posisi empat ke peringkat 20. Pun demikian dengan Pogacar yang turun tiga strip ke posisi enam. Sedangkan pemuncak GC masih diduduki Mathieu van der Poel (Alpecin-Fenix). Pembalap asal Belanda itu berhak mengenakan jersey kuning di Etape 4, Selasa (29/6) nanti. (mainsepeda)

Hasil Etape 3 Tour de France 2021 (Top Ten)
1. Tim Merlier (Belgia), Alpecin-Fenix 4 jam 1 menit 28 detik
2. Jasper Philipsen (Belgia), Alpecin-Fenix +0
3. Nacer Bouhanni (Prancis), Arkea-Samsic +0
4. Davide Ballerini (Italia), Deceuninck-QuickStep +0
5. Sonny Colbrelli (Italia), Bahrain Victorious +0
6. Julian Alaphilippe (Prancis), Deceuninck-QuickStep +0
7. Mathieu van der Poel (Belanda), Alpecin-Fenix +0
8. Cees Bol (Belanda), Team DSM +0
9. Anthony Turgis (Prancis), TotalEnergies +0
10. Maximilian Walscheid (Jerman), Qhubeka-NextHash +0

General Classification usai 3 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Mathieu van der Poel (Belanda), Alpecin-Fenix 12 jam 58 menit 53 detik
2. Julian Alaphilippe (Prancis), Deceuninck-QuickStep +8
3. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers +31
4. Wout Van Aert (Belgia), Jumbo-Visma +31
5. Wilco Kelderman (Belanda), Bora-Hansgrohe +38
6. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates +39
7. Enric Mas (Spanyol), Movistar +40
8. Nairo Quintana (Kolombia), Arkea-Samsic +40
9. Pierre Latour (Prancis), TotalEnergies +45
10. Sergio Higuita (Kolombia), EF Education-Nippo +52

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 47

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images, Bettini Photo


COMMENTS