Caleb Ewan Perioritaskan Kemenangan Etape

Meraih sebanyak mungkin kemenangan etape menjadi target Caleb Ewan (Lotto Soudal) di Tour de France 2021. Pembalap asal Australia ini memang bermimpi untuk bersaing points classification guna memperebutkan jersey hijau. Tapi target utamanya bukan itu.

Ewan masuk dalam jajaran sprinter elite di Tour de France setelah tampil mengesankan pada musim 2019. Ia mendapatkan tiga kemenangan etape dan finis kedua di tabel points classification.

Performa apik Ewan berlanjut di Tour de France tahun lalu. Dua kemenangan etape berhasil diamankan mantan pembalap Mitchelton-Scott (sekarang Team BikeExchange) itu.

"Tujuan utama saya musim ini adalah memenangkan sprint murni. Saya pikir ada sekitar tujuh hingga delapan kans untuk menang sprint di Tour de France tahun ini. Lebih banyak dibandingkan tahun lalu," kata Ewan dalam laman resmi tim Lotto Soudal.

"Pertama, fokusnya adalah memenangkan etape. Karena saya mungkin tidak akan mencetak poin di akhir pekan pembukaan. Lalu saya perlu mengevaluasi posisi saya dalam points classification di akhir minggu pertama. Akan menyenangkan untuk tetap membuka opsi saya di akhir minggu pertama. Dan jika saya merasa baik, saya tentu saja akan mencoba untuk menaklukkan jersey hijau," imbuhnya.

Ewan bersyukur karena tim Lotto Soudal di Tour de France musim ini diperkuat lebih banyak sprinter. Ada Roger Kluge, Jasper De Buyst, Tosh Van der Sande, dan Harry Sweeny. Artinya, akan ada lebih banyak tenaga yang siap mendukung Ewan saat adu cepat. "Saya pikir kami memiliki kereta sprint terkuat. Tapi ada tim lain seperti Groupama-FDJ dan Deceuninck-QuickStep yang tak kalah solid," ungkap Ewan.

Selain itu, Ewan juga haru bersaing dengan sprinter hebat lainnya seperti Sonny Colbrelli (Bahrain-Victorious), Wout van Aert (Jumbo-Visma), Sagan, serta trio Alpecin-Fenix, yakni Tim Merlier, Jasper Philipsen, dan Mathieu van der Poel.

"Mungkin benar bahwa saya salah satu sprinter tercepat di Tour de Francde. Akan tetapi, jika saya ingin mengalahkan lawan saya, saya harus melakukan segalanya dengan benar," sebut Ewan. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 47

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: ASO


COMMENTS