Movistar versus BMC Panas di Tour de Suisse
by - June 09, 2018
Movistar versus BMC Panas di Tour de Suisse
by MainSepeda - June 09, 2018

Tour de Suisse, satu lagi lomba pemanasan menuju Tour de France, dimulai Sabtu ini (9 Juni) hingga 17 Juni. Apabila Team Sky menjadi superteam di Criterium du Dauphine, maka kemungkinan ada dua superteam bertarung seru di Swiss. Yaitu Movistar dan BMC, yang sama-sama menurunkan skuad utama.

Di kubu Movistar, ada Nairo Quintana, superstar climber yang tahun ini fokus 100 persen untuk meraih kemenangan di Tour de France. Pembalap Kolombia ini sudah pernah memenangi Giro d’Italia dan Vuelta a Espana, dan sudah dua kali finis runner-up di Prancis.

Nairo Quintana (Movistar), superstar climber yang tahun ini fokus 100 persen untuk meraih kemenangan di Tour de France.

Untuk memperbesar peluang menang itu, khususnya menghadapi Team Sky nanti, Movistar sudah merancang tim yang super pula. Mikel Landa mereka rekrut dari Team Sky, dan ikut turun di Swiss. Kemudian ada Alejandro Valverde, yang karena sakit harus membatalkan rencana ikut di Swiss, tapi tetap siap untuk turun di Tour de France.

Movistar merancang tim super berisi Nairo Quintana, Alejandro Valverde dan Mikel Landa untuk menghadang Team Sky di Tour de France 2018. 

Menjelang Tour de Suisse ini, Quintana tidak banyak berlomba, lebih banyak latihan di kawasan ketinggian di negeri sendiri. Menurutnya, itu penting untuk datang di Prancis dalam kondisi terbaik.

"Saya merasa dalam kondisi baik,” tegasnya.

Sebelum menghadapi Team Sky utama, di Swiss Movistar harus bisa mengalahkan dulu BMC. Dan tim itu benar-benar full force di ajang pemanasan ini.

Richie Porte akan didukung pembalap-pembalap terbaik tim, seperti Tejay van Garderen, Alessandro de Marchi, Simon Gerrans, dan Greg Van Avermaet.

Richie Porte (BMC) akan didukung oleh pembalap terbaik tim, seperti Tejay van Garderen, Alessandro de Marchi, Simon Gerrans, dan Greg Van Avermaet.

Bahkan mungkin, di atas kertas BMC lebih meyakinkan dari Movistar. Dalam hal climbing, yang bakal diuji adalah Porte v Quintana dan Landa. Tapi BMC punya senjata lain yang bisa sangat menentukan: Kekuatan time trial.

Tour de Suisse Sabtu ini dibuka dengan etape team time trial (TTT) sejauh 18 km. Ini baik untuk Tour de France, yang nanti juga memiliki TTT dengan jarak lebih jauh (35 km). Di Dauphine, Team Sky mendominasi TTT. Kalau BMC bisa dominan juga di Swiss, maka persaingan di Tour de France bisa lebih seru.

“Saya suka rancangan lomba ini (Swiss) dan saya kira team time trial bakal menjadi cara yang baik untuk memulainya,” ucap Porte, mantan pendamping Chris Froome di Team Sky.

Etape 1 Tour de Suisse dibuka dengan TTT sejauh 18 km. Kalau BMC bisa dominan juga di Swiss, maka persaingan di Tour de France bisa lebih seru.

Porte menambahkan, sembilan etape Tour de Suisse bakal berlangsung sangat agresif. Selain Movistar, tim lain juga menurunkan kaptennya untuk Tour de France nanti. Misalnya Bauke Mollema (Trek-Segafredo).

“Saya berharap bisa mengakhiri lomba ini dengan penuh percaya diri, sebelum memindahkan perhatian ke Tour de France,” pungkasnya. (mainsepeda)

 

Tour de Suisse 2018 (WorldTour) 9-17 Juni 2018

Etape 1 – Sabtu, 9 Juni – Frauenfeld, 18 km (TTT)

Etape 2 – Minggu, 10 Juni – Frauenfeld-Frauenfeld, 155 km

Etape 3 – Senin, 11 Juni - Oberstammheim-Gansingen, 182 km

Etape 4 – Selasa, 12 Juni – Gansingen-Gstaad, 189 km

Etape 5 – Rabu, 13 Juni – Gstaad-Leukerbad, 155 km

Etape 6 – Kamis, 14 Juni – Fiesch-Gommiswald, 186 km

Etape 7 – Jumat, 15 Juni – Eschenbach/Atzmannig-Arosa, 170 km

Etape 8 – Sabtu, 16 Juni – Bellinzona-Bellinzona, 123 km

Etape 9 – Minggu, 17 Juni – Bellinzona (ITT), 34 km

 

foto : velonews, twitter BMC, twitter Movistar

 

 


COMMENTS