Cavendish Dipastikan Tampil di Tour de France 2021

Musim yang sangat sempurna untuk Mark Cavendish. Setelah dua tahun absen, sprinter asal Inggris itu akan membalap di Tour de France 2021. Cavendish menggantikan tempat Sam Bennett di skuad utama Deceuninck-QuickStep.

Ini merupakan pekan yang panjang untuk pembalap 36 tahun tersebut. Ia selalu dikaitkan dengan peluang turun di Tour de France 2021 sepanjang pekan ini. Meski bos tim Deceuninck-QuickStep Patrick Lefevere sempat membantah, namun hal itu tidak meredakan situasi.

Cavendish dinilai sebagai sosok yang pas jika Bennett terpaksa absen di Prancis. Apalagi ia tampil bagus selama musim 2021. Cavendish meraih empat kemenangan di Tour of Turkey. Kemudian menjadi runner up karena kalah foto finis di Elfstedenronde.

Mantan member Team Sky (sekarang Ineos Grenadiers) itu tampil bagus saat menggantikan Bennett di Belgium Tour. Ia berhasil memenangkan Etape 5 di balapan ini. Performa apik Cavendish akhirnya diganjar dengan satu slot di skuad Deceuninck-QuickStep proyeksi Tour de France 2021.

Ya, Cavendish is back!

"Jelas, situasinya bisa lebih baik jika ada Sam. Ia meraih jersey hihau tahun lalu dan saya sedih karena ia tidak bisa mempertahankan jersey hijaunya itu," kata Cavendish dalam laman resmi Deceuninck-QuickStep.

"Akan Tetapi, pada saat yang sama, saya bersemangat untuk kembali ke balapan yang sangat dekat dengan saya dan di mana saya memiliki begitu banyak sejarah. Ini adalah balapan sepeda terbesar di dunia, dan saya akan melakukan semua yang saya bisa untuk meraih kesempatan ini," kata Cavendish.

Dalam maklumat resminya Senin (21/6) malam, Pasukan Serigala, julukan Deceuninck-QuickStep menyertakan juara dunia 2020 Julian Alaphilippe. Pembalap asal Prancis itu akan dikawal Cavendish, Kasper Asgreen, Davide Ballerini, Mattia Cattaneo, Tim Declercq, Dries Devenyns, dan Michael Morkov.

"Tour de France layak mendapatkan yang terbaik untuk saya dan tim. Tidak adil jika saya balapan dalam kondisi saat ini. Saya berharap seluruh tim meraih sukses selama tiga minggu di Prancis," harap Bennett.

Dengan koleksi 30 kemenangan etape selama mengikuti Tour de France, Cavendish diharapkan dapat bersaing dengan sprinter yang usianya lebih muda darinya. "Ia akan memimpin dengan luar biasa bersama Ballerini dan Morkov. Kami menjalaninya hari demi hari dan melihat bagaimana keadaannya," bilang Directeur Sportif Tom Steels. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 46

Foto: Getty Images


COMMENTS