Tom Dumoulin Menang lagi!
by - June 17, 2021
Tom Dumoulin Menang lagi!
by MainSepeda - June 17, 2021

Begitu bahagianya Tom Dumoulin saat ini. Pembalap andalan Jumbo-Visma tersebut baru saja menahbiskan diri sebagai juara nasional time trial Belanda. Ini adalah kemenangan pertamanya setelah memutuskan kembali dari hiatus balap sepeda.

Tahun ini merupakan periode tersulit untuk Dumoulin. Sebelum musim 2021 bergulir, pembalap 30 tahun tersebut memutuskan untuk hiatus dari balap sepeda tanpa batas waktu yang ditentukan. Dumoulin pun dicoret dari tim Jumbo-Visma yang diproyeksikan untuk tampil di Tour de France. Tempatnya digantikan Jonas Vingegaard.

Rupanya masa cutinya tidak berlangsung lama. Hanya enam bulan saja. Dumoulin come back di Tour of Suisse pada pekan lalu. Ia finis ke-41 di klasemen overall. Tiga hari setelah bertarung di Swiss, ia tampil di kejuaraan nasional time trial Belanda.

Hasilnya sungguh sesuai harapan. Dumoulin berhasil menjuarai ajang ini. Ia melibas lintasan sepanjang 29,6 kilometer di Emmen dengan catatan waktu 36 menit 6 detik. Sebastian Langeveld (EF Education - Nippo) finis kedua dengan gap 27 detik. Koen Bouwman (Jumbo-Visma) di peringkat ketiga dengan selisih 1 menit 24 detik.

"Saya mendekati bentuk terbaik saja. Balapan di Swiss itu berjalan sedikit lebih baik setiap hari. Saya mulai menyukai balap lebih dan lebih. Saya melanjutkan perasaan itu. Saya sangat senang dengan gelar ini. Ini benar-benar kemenangan atas diri saya sendiri," bilang Dumoulin dalam laman resmi Jumbo-Visma.

Ini adalah kemenangan keempatnya di kejuaraan time trial Belanda. Sebelumnya, Dumoulin juara pada tahun 2014, 2016, dan 2017. Gelar di tahun ini akan menjadi modal untuk menghadapi Olimpiade Tokyo, Jepang. "Saya hanya perlu sedikit lebih stabil. Saya yakin bahwa itu akan berhasil," terangnya. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 46

Foto: Cor Vos


COMMENTS