Tuntas Keliling Jawa, Wacanakan Gowes ke NTT
by - June 11, 2021
Tuntas Keliling Jawa, Wacanakan Gowes ke NTT
by MainSepeda - June 11, 2021

Jefri Irawan telah menuntaskan Ring of Java (RoJ). Dia bersepeda mengelilingi Pulau Jawa selama 14 hari dengan total jarak hampir mencapai 3.000 kilometer. Jefri memulai di Solo pada 20 Mei 2021, kemudian finis di kota yang sama pada 2 Juni lalu.

Rider KGB Racing Team itu menuturkan bahwa setengah perjalanan terakhirnya adalah yang paling berat. Seusai beristirahat di Surabaya, Jefri melanjutkan perjalanan ke Bromo, Banyuwangi, lalu ke Malang.

Saat di Malang, ia sempat bermalam di sebuah masjid di daerah Kepanjen. Lalu Jefri melanjutkan perjalanan ke Pacitan melewati jalur Pantai Selatan menuju Jogjakarta, dan berakhir di Solo.

Menurutnya, rute yang menyusuri pantai selatan itu adalah yang paling menantang sekaligus paling berkesan. "Berat karena kondisi sudah capek banget. Tapi selalu berpikir bahwa saya sudah mendekati finis. Misalnya mau jalan sampai malam pun bisa sampai," tuturnya.

Belum lagi ada pengalaman horor selama melintasi daerah hutan jati di perbatasan Trenggalek-Pacitan. "Sejauh ini aman-aman saja. Tidak ada kejadian yang aneh-aneh. Kalau cerita-cerita horror, itu bagian dari perjalanan," kata Jefri.

Menurutnya dibandingkan dengan jalur Pantai Utara, jalur kali ini lebih menguras tenaga. Di rute sepanjang Pantai Utara tantangan lebih ke polusi dan kendaraan.

Sementara di jalur Pantai Selatan punya medan rolling dan cuaca yang terik. Ditambah tenaga Jefri sudah terkuras habis menempuh perjalanan lebih dari 2000 km sebelumnya.

Setelah sampai di Solo lagi, Jefri terharu dengan pencapaiannya sendiri. "Dari awal, RoJ bukan tentang angka dan kilometer. Tapi tentang hubungan dengan orang baru dengan kisahnya masing-masing," ujarnya.

Ia banyak bertemu orang selama perjalanan. Banyak pula dari mereka yang menawarkan bantuan dan memberi semangat. "Ini membuka wawasan saya bahwa sepeda bukan cuma moda transportasi. Lebih dari itu, ini soal memanusiakan manusia. Banyak hal dari perjalanan ini," kata pria 27 tahun itu. 

Seusai RoJ, Jefri lebih fokus untuk recovery terlebih dahulu. Jefri masih memiliki rencana untuk gowes ultra endurance lagi. "Buat akhir tahun nanti. Rencana touring sendiri ke NTT. Tapi masih wacana sih," ucapnya. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 45

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Instagram Jefri Irawan


COMMENTS