Van der Poel Menang, Kung Masih Kuning

"He's back!" Kalimat singkat ini ditulis akun media sosial tim Alpecin-Fenix tak lama setelah Mathieu van der Poel memenangkan Etape 2 Tour de Suisse 2021, Senin (7/6). Ini adalah kemenangan kelima untuk sang juara dunia cyclocross tersebut.

Setelah dibuka dengan balapan time trial, Tour de Suisse 2021 berlanjut ke rute sepanjang 173 kilometer. Para pembalap melaju dari Neuhausen menuju Lachen. Terdapat tiga tanjakan Kategori 2 di ajang ini, yakni di Ghoch, Oberricken, dan Litschstrasse.

Van der Poel memenangkan etape ini setelah mengalahkan Max Schachmann (Bora-Hansgrohe) dan Wout Poels (Bahrain Victorious) dalam sprint di 200 meter menjelang finis. Van der Poel tak terkejar. Pembalap 26 tahun ini menuntaskan Etape 2 dengan catatan waktu 4 jam 12 menit 30 detik.

Schachmann finis kedua dengan selisih sangat tipis, hanya satu detik. Sementara Poels di posisi ketiga dengan gap tiga detik.

"Saya sangat menikmati kembali ke road race. Ini adalah etape yang sangat menyenangkan, terutama karena kondisi hujan di bagian akhir. Itu sedikit parcours klasik pada akhirnya, sesuatu yang sangat cocok untuk saya dan saya senang untuk menyelesaikannya," ucap Van der Poel selepas balapan.

Hasil di Etape 2 Tour de Suisse 2021 ini memperpanjang daftar kemenangan Van der Poel musim ini. Sebelumnya, ia memenangkan satu etape di UAE Tour. Lalu menjuarai Strade Bianche. Van der Poel tampil apik di Tirreno-Adriatico 2021. Ia mengambil dua kemenangan etape di ajang itu.

Tour de Suisse 2021 merupakan persiapan terakhir Van der Poel dan skuad Alpecin-Fenix sebelum berlaga di Tour de France pada akhir bulan ini. Oleh sebab itu, kemenangan di Swiss akan menjadi modal berharga untuk unjuk kemampuan terbaik di Prancis nanti.

"Saya memang ingin meraih kemenangan etape di sini. Tiga hari pertama amat cocok untuk saya dan kemudian terserah para pendaki. Itu menjadi sangat sulit," imbuh pemenang Tour of Lnanders 2020 tersebut.

Sementara itu, hasil Etape 2 belum cukup untuk menggeser Stefan Kung (Groupama-FDJ) dari puncak General Classification (GC). Rider asal Swiss itu terpaut satu detik lebih unggul dari Alaphilippe ini. Kung masih akan mengenakan jersey kuning di Etape 3, Selasa (8/6). (mainsepeda)

Hasil Etape 2 Tour de Suisse 2021 (Top Ten)
1. Mathieu van der Poel (Belanda), Alpecin-Fenix 4 jam 12 menit 30 detik
2. Max Schachmann (Jerman), Bora-Hansgrohe +1
3. Wout Poels (Belanda), Bahrain Victorious +3
4. Marc Hirschi (Swiss), UAE Team Emirates +4
5. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers +4
6. Michael Woods (Kanada), Israel Start-up Nation +4
7. Julian Alaphilippe (Prancis), Deceuninck-QuickStep +4
8. Jakob Fuglsang (Denmark), Astana-Premier Tech +4
9. Andreas Kron (Denmark), Lotto Soudal +9
10. Benoit Cosnefroy (Prancis), AG2R Citroën +11

General Classification usai 2 etape dari 8 etape (Top Ten)
1. Stefan Küng (Swiss), Groupama-FDJ 4 jam 24 menit 52 detik
2. Julian Alaphilippe (Prancis), Deceuninck-QuickStep +1
3. Max Schachmann (Jerman), Bora-Hansgrohe +2
4. Mathieu van der Poel (Belanda), Alpecin-Fenix +6
5. Mattia Cattaneo (Italia), Deceuninck-QuickStep +12
6. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers +13
7. Neilson Powless (Amerika Serikat), EF Education-Nippo +25
8. Gino Mäder (Swiss), Bahrain Victorious +30
9. Andreas Kron (Denmark), Lotto Soudal +33
10. Gonzalo Serrano Rodriguez (Spanyol), Movistar +34

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 44

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Photo News, Getty Images


COMMENTS