Masa depan Sam Bennett kini menjadi pertanyaan. Sprinter asal Irlandia tersebut dipastikan meninggalkan tim Deceuninck-QuickStep musim depan. Kini mantan pembalap Bora-Hansgrohe itu dilaporkan merapat ke klub mapan Ineos Grenadiers.

Musim lalu adalah kali pertama Bennett berseragam Deceuninck-QuickStep. Prestasinya mengesankan. Ia merebut kemenangan etape di Tour Down Under, Vuelta a Burgos, Tour de Wallonie. Lalu tampil mengesankan di Tour de France 2020 dengan meraih dua kemenangan di Prancis.

Tak cuma itu saja, pelari cepat kelahiran Wervik tersebut berhasil memuncaki tabel Points Classification serta merebut jersey hijau. Pembalap 30 tahun itu memutus rantai dominasi superstar Peter Sagan, mantan rekannya di tim Bora-Hansgrohe.

Performa apik Bennett pada musim lalu berlanjut tahun ini. Dua kemenangan etape berhasil diamankan di UAE Tour. Kemudian Bennett juga mencatat dua kemenangan di  Paris-Nice. Setelah memenangkan Classic Brugge-De Panne, Bennett merengkuh dua victory di Volta ao Algarve.

Bennett akan kembali ke Tour de France pada akhir Juni nanti dan diharapkan dapat mempertahankan gelarnya di Prancis. Jika target itu berhasil terwujud, Bennett akan memberikan perpisahan yang manis atas dua musim pengabdiannya di Deceuninck-QuickStep.

"Sebenarnya ia tak ingin pergi. Tapi saya tidak punya uang sebanyak itu," kata bos tim Deceuninck–QuickStep Patrick Lefevere suatu ketika.

Bennett pun menjadi salah satu nama tenar yang dikaitkan dengan tim-tim mapan. Menurut surat kabar Belgia Het Nieuwsblad, Ineos Grenadiers telah masuk dalam daftar peminat Bennett.

Mereka tak sendirian. Sebab Bora-Hansgrohe juga berhasrat untuk memulangkan mantan pembalapnya tersebut. Sebelum menjadi bagian dari Deceuninck–QuickStep, Bennett membalap untuk tim asal Jerman tersebut sejak 2015 hingga akhir musim 2019. Hanya saja ia kalah pamor dengan Sagan. Membuatnya sering terpinggirkan dari Grand Tour.

Bora-Hansgrohe ingin mendapatkan Bennett karena Sagan kemungkinan besar akan pergi pada akhir musim ini. Pembalap asal Slovakia tersebut dirumorkan hijrah ke Total Direct Energie atau Israel Start-Up Nation (ISN).

Untuk memulangkan Bennett, Bora-Hansgrohe juga mendekati Ryan Mullen dari Trek-Segafredo. Mullen adalah teman baik Bennett yang saat ini bekerja sebagai bagian dari rombongan Jasper Stuyven. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 44

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto:

Populer

Carlos Rodriguez Bungkus Gelar Juara Umum Tour de Romandie
Bike and Camp, Cara Unik Mumed CC Gelar Acara Halal Bihalal 
Valtteri Bottas, Pembalap F1 Menuju Kejuaraan Dunia Gravel UCI
Kalender Event Mainsepeda 2024: East Java Journey Pertama, Bromo KOM X 18 Mei
Kolom Sehat: Sisi Lain Bromo
Tour de Romandie 2024 Etape 4: Puasa Kemenangan Eks Juara Olimpiade Berakhir di Leysin
Jajal Rute Cirebon-Tasikmalaya Bareng Komunitas, Azrul Ananda Melintasi Tanjakan Kaki Gunung Ciremai
Bromo KOM X Kategori Women Elite: Chika Zerra Berambisi Pertahankan Gelar
Kolom Sehat: MVDP dan Nuntun Sopan di Koppenberg
Attack di 60 Km Akhir, Mathieu van der Poel Menang Fenomenal di Paris-Roubaix