Nanjak ke Bromo, Lalu Melaju ke Africa van Java

Jefri Irawan sudah setengah jalan dalam proyek "Ring of Java". Ia telah menempuh jarak 1.817 kilometer dari target 3.000 kilometer. Pada Kamis (27/5) kemarin, Jefri sudah sampai di Kota Surabaya. Setelah istirahat sehari, Jefri melanjutkan perjalanan ke Bromo pada Sabtu (29/5) ini.

Jefri mengatakan ada perubahan rute di sana. Setelah sampai Bromo dan bermalam, Ia akan melanjutkan ke Baluran di Situbondo. Pesona Baluran sebagai Africa van Java membuatnya ingin menyusuri daerah tersebut.

"Di Bromo ada trek off road yang memang ingin saya coba. Kalau sudah di sini, kenapa nggak sekalian saja ke Baluran. Rencana memang fleksibel dan rutenya nggak terlalu ribet juga," ungkap Jefri.

Jefri Irawan tiba di Istana Bogor

Selama seminggu menyusuri rute Jawa Tengah, Jawa Barat, Banten, dan Jawa Timur, Jefri melalui banyak hal. Konsep cycling connecting people yang ia harapkan pun tercapai. Jefri banyak bertemu orang baru selama perjalanan. Bahkan memberikan tempat menginap.

BACA JUGA: Member KGB akan Gowes 3.000 Km Keliling Jawa

Sejak awal, Jefri memang tidak merencanakan untuk bermalam di hotel atau tempat penginapan. "Dari perjalanan ini saya benar-benar kenal dengan teman baru. Malah ada yang nggak tahu sama sekali, tapi semuanya senang bersepeda. Connecting people-nya dapat, bertemu, komukasi, memberi tempat, bahkan dijamu," jelasnya.

Selama menyusuri Pantai Utara (Pantura), ada tantangan tersendiri. Rutenya banyak dilakukan kendaraan berat. Membuatnya harus lebih fokus. Belum lagi selama perjalanan itu, hampir setiap hari diguyur hujan. Di luar itu, perjalanan Jefri lancar.

"Kendala teknis soal sepeda, cuaca, nggak terlalu. Sepeda sampai sejauh ini juga masih aman. Badan capek ya itu sudah biasa," bilang rider KGB Racing Team itu.

Selanjutnya Jefri berencana menyelesaikan setengah rute dalam waktu seminggu dan selesai pada 4 Juni mendatang. Setelah mencapai Banyuwangi nanti, ia akan menuju Malang melalui jalur lintas selatan. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 43

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Instagram Jefri Irawan


COMMENTS