La Vuelta 2022 Dimulai dari Belanda

Vuelta a España tahun depan akan dimulai di Belanda. Dibuka dengan balapan time trial di Kota Utrecht. Lalu dilanjutkan dengan dua etape datar. Balapan paling akbar di Spanyol itu kembali ke Belanda untuk kali pertama sejak 2009.

"Kembali ke Belanda, yang merupakan negara bersepeda klasik, adalah sesuatu yang sudah lama ingin kami lakukan," kata Race Director La Vuelta Javier Guillèn dalam keterangan resminya.

Sebenarnya La Vuelta sudah dijadwalkan start di Belanda pada musim 2020. Akan tetapi, rencana ini dibatalkan karena pembatasan perjalanan yang disebabkan oleh pandemi Covid-19. Otoritas Belanda juga tidak merestui meski lomba dilangsungkan tertutup untuk penonton.

"Terlepas dari segalanya, komitmen dan keinginan Belanda untuk menjamu La Vuelta tidak berubah sedikit pun sejak saat itu. Senang sekali bagi kami bekerja dengan lembaga yang sangat berkomitmen dan sama-sama menyukai bersepeda," bilangnya.

Sama seperti Tour de France 2015, Vuelta 2022 akan dimulai dengan lomba time trial di Utrecht. Akan tetapi, berbeda dengan Tour de France, Vuelta akan dimulai dengan team time trial (TTT) seperti yang sering dilakukan.

Kemudian etape kedua dimulai di Den Bosch, sekitar 45 menit di selatan Utrecht, sebelum berakhir di Utrecht. Etape ketiga dimulai dan selesai di Breda. Setelah tiga hari disuguhi etape datar di Belanda, peloton akan melakukan perjalanan sehari untuk kembali ke Spanyol.

Dengan dimulainya La Vuelta, Utrecht menjadi kota pertama yang menjadi tuan rumah ketiga Grand Tour. Pada tahun 2010 Giro d'Italia dimulai di Amsterdam tetapi etape kedua, yang dimenangkan oleh Tyler Farrar, selesai di Utrecht. Pada 2015 Utrecht menjadi tuan rumah Grand Depart Tour de France.

Ini keempat kalinya Vuelta a España dimulai di luar Spanyol. Pada musim 1997 balapan berangkat dari Lisbon di Portugal. Kemudian pada musim 2009 dimulai dari Assen, Belanda. Selanjutnya pada 2017 balapan dimulai di Nîmes di Prancis. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 43

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images


COMMENTS