Egan Bernal Putuskan Absen di Tour de France 2021

Egan Bernal (Ineos Grenadiers) mengakhiri spekulasi tentang rencana keikutsertaannya di Tour de France 2021. Ia dipastikan absen di Prancis dan Olimpiade Tokyo. Sebagai gantinya, Bernal berencana tampil di La Vuelta a Espana pada Agustus nanti.

Bernal sedang bagus-bagusnya di Giro d'Italia 2021. Ia menjawab keraguan masyarakat akan kondisinya pasca cedera punggung dengan performa brilian di Giro. Bernal memuncaki General Classification (GC) Etape 9. Lalu ia mempertahankannya hingga kini.

Dengan kondisi yang luar biasa itu, Bernal dijagokan juara Giro tahun ini. Untuk itu, ia harus mempertahankan kuasanya hingga etape pemungkas di Milan pada Minggu (30/5) nanti.

Sebelum dimulainya pekan ketiga Giro 2021, Rabu (26/5), Bernal memberikan kepastian terkait peluangnya berlaga di Tour de France tahun ini. Menurut Bernal, mustahil untuk berlaga di Prancis tahun ini.

"Saya pikir saya tidak akan pergi ke Tour de France. Saya pikir pembalap tim kami yang ditugaskan untuk pergi ke Prancis akan bisa melakukannya dengan sangat baik," tegas Bernal.

"Saya juga tak yakin dengan Olimpiade, karena saya masih punya masalah di punggung," imbuh pemenang Tour de France 2019 tersebut.

Untuk saat ini Bernal harus fokus memenangkan Giro. Kemudian mengistirahatkan kakinya sejenak lalu fokus pada paruh kedua musim ini. "Mungkin saya akan membalap di La Vuelta," ucapnya.

Ineos Grenadiers belum mengumumkan line up untuk  balapan paling akbar di Spanyol itu. Hanya ada dua nama yang pasti tampil di sana, yakni Adam Yates dan Tom Pidcock.

Bernal mengakui bahwa cedera punggungnya masih belum hilang sepenuhnya. Rasa sakit itu terkadang muncul saat sedang membalap di Giro.Rasa sakit inilah yang membuatnya sedikit khawatir. Sebab rasa ini bisa memengaruhi punggung bawah dan semua area itu.

"Tapi kami melakukan fisioterapi setiap hari dan saya pikir itu akan bertahan selama sisa balapan. Jadi saya yakin semuanya akan baik-baik saja," tuturnya. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 43

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images 


COMMENTS