Giacomo Nizzolo Angkat Kaki dari Giro

Giacomo Nizzolo (Qhubeka Assos) menambah daftar sprinter yang cabut dari Giro d'Italia 2021. Pembalap asal Italia ini memutuskan tidak start di Etape 15, Minggu (23/5) malam. Nizzolo meninggalkan Giro dengan catatan satu kemenangan di Etape 13, Jumat (21/5) kemarin.

"Setelah menyelesaikan tahap yang sulit di Monte Zoncolan, tim memutuskan untuk menariknya dari dari Giro. Tujuannya agar ia memiliki waktu beristirahat yang cukup dan bisa pulih. Kemudian, bersama dengan tim, fokus pada tujuan berikutnya," jelas tim Qhubeka Assos dalam keterangan resminya.

Tim Qhubeka Assos memang tidak menyebutkan agenda balap untuk sprinter 32 tahun itu. Kabarnya, Nizzolo akan diturunkan di Tour de France. Ia akan didampingi Sergio Henao dan Victor Campenaerts. Masih ada lima slot lain yang akan diumumkan kemudian.

"Semua orang tahu betapa saya mencintai balapan ini dan bagaimana artinya Giro untuk saya. Memenangkan satu etape di sini adalah mimpi yang menjadi kenyataan. Emosi saya pada saat finis menggambarkan hal itu. Saya akan menghargai kenangan itu selama sisa hidup saya," bilang sang juara Eropa.

Nizzolo mengaku datang ke Giro dalam kondisi sangat bugar. Sebab tujuannya adalah meraih kemenangan saat adu sprint. Lambat laun, setelah dihajar etape tanjakan, kakinya mulai kehilangan kekuatan. Oleh sebab itu, ia sepakat dengan keputusan tim untuk cabut dari Giro.

"Kami memutuskan akan lebih baik jika saya berhenti dan memulihkan diri untuk tujuan berikutnya," jelas rider yang bergabung dengan Qhubeka Assos sejak 2019 itu.

Nizzolo menambah daftar sprinter pulang lebih awal dari Giro. Sebelumnya, skuad Jumbo-Visma menarik Dylan Groenewegen dan David Dekker sebelum dimulainya Etape 14. Sprinter asal Australia, Caleb Ewan (Lotto Soudal) juga mundur dari Giro d'Italia 2021 saat melaju di Etape 8. (mainsepeda)

Foto: Getty Images


COMMENTS