Jumbo-Visma Tarik Dua Pembalap dari Giro

Perjalanan Dylan Groenewegen (Jumbo-Visma) di Giro d'Italia 2021 berhenti di dua pertiga babak. Pembalap asal Belanda ini itu tidak start di Etape 14, Sabtu (22/5) kemarin. Groenewegen tidak sendirian. Jumbo-Visma juga menarik pembalap muda David Dekker dari lomba terbesar di Italia tersebut.

Pertempuran di Giro 2021 sebenarnya masih belum usai. Justru babak paling seru adalah sepertiga terakhirnya. Pada Sabtu malam para pembalap menanjak ke Monte Zoncolan. Inilah salah satu rute terberat di pekan kedua Giro musim ini.

Sebelum tahapan gunung ini dimulai, Jumbo-Visma mengabarkan jika mereka menarik Groenewegen dan Dekker dari tahapan ini. Keduanya sama-sama seorang sprinter yang berasal dari Belanda. Sementara sepertiga babak terakhir Giro 2021 didominasi oleh rute menanjak dan terus menanjak.

Direktur Olahraga Jumbo-Visma Arthur van Dongen menegaskan, timnya memiliki alasan kuat tentang keputusan menarik Groenewegen dan Dekker dari arena Giro. Pertama, Groenewegen sudah lama tidak berlomba karena menjalani hukuman dari Union Cycliste Internationale (UCI) terkait insiden di Tour de Pologne, Agustus 2020.

Sementara Dekker adalah pembalap debutan di WorldTour. Pembalap 23 tahun ini masih membela tim continental SEG Racing Academy pada musim lalu. Menurut Van Dongen, Dekker bahkan tak pernah balapan selama 13 hari seperti di Giro tahun ini.

"Sebagai sebuah tim, kami sangat puas dengan bagaimana mereka memanifestasikan diri mereka dalam beberapa hari terakhir," bilang Van Dongen dalam laman resmi tim.

"Akan tetapi, melanjutkan balapan sekarang akan membutuhkan terlalu banyak dari mereka. Orang-orang itu harus istirahat sekarang dan kemudian kami segera melihat ke depan untuk balapan yang akan datang untuk mereka," imbuh pria 52 tahun asal Belanda tersebut.

Debut Groenewegen tidak berakhir buruk. Memang, pembalap 27 tahun ini tidak memenangkan satu pun etape. Namun ia berhasil finis keempat di Etape 2. Groenewegen juga menembus sepuluh besar di Etape 5, 7, dan 13.

Sementara Dekker memegang peran sebagai domestique di Giro tahun ini. Pembalap kelahiran Amersfoort itu bertugas menjaga George Bennett atau Edoardo Affini. (mainsepeda)

Foto: Jumbo-Visma


COMMENTS