Vendrame Menang dan Bernal Masih Puncaki GC

Andrea Vendrame (AG2R Citroën) menjadi pembalap Italia kedua yang memenangkan etape di Giro d'Italai 2021. Ia merebut podium di Etape 12 dengan mengalahkan Christopher Hamilton (Team DSM). Sementara Egan Bernal (Ineos Grenadiers) masih bertengger di puncak General Classification (GC).

Etape 12 merupakan salah salah satu yang terpanjang di Giro musim ini. Panjang rutenya 212 kilometer. Dimulai dari Siena menuju Bagno di Romagna. Cukup berat, apalagi para pembalap dihadapkan dengan empat tanjakan. Dua di antaranya adalah Kategori 2 di Passo della Consuma dan Passo della Calla.

Profil rute Etape 12 Giro d'Italia 2021

Begitu banyak drama yang terjadi di panggung ini. Empat pembalap mengalami crash di dua kilometer dari start. Keempat rider itu adalah Marc Soler (Movistar), Fabio Sabatini (Cofidis), Harm Vanhoucke (Lotto Soudal), dan pemenang Etape 6 Gino Mader (Bahrain Victorious).

Meski sempat melanjutkan balapan, Soler dan Mader harus mengakhiri perjalanannya di Giro karena mengalami cedera. Insiden yang menimpa Mader menambah mimpi buruk Bahrain Victorious. Sebelumnya, mereka telah kehilangan Mikel Landa dan Matej Mohoric karena mengalami kecelakaan saat lomba.

Kecelakaan kembali terjadi di 27 kilometer setelah start. Kali ini menimpa Alessandro de Marchi, anggota Israel Start-Up Nation (ISN). ISN kehilangan dua pembalapnya sekaligus setelah Alex Dowsett di tengah perjalanan. Kini mereka harus melanjutkan perjuangan dengan sisa lima pembalap.

Dua sosok lain yang memutuskan mundur adalah Fausto Masnada (Deceuninck-QuickStep) dan Kobe Goossens (Lotto Soudal). Masnada angkat kaki saat Etape 12 menyisakan 140 kilometer. Sementara Goossens tidak melanjutkan perjuangan di 52 kilometer terakhir.

Di tengah banyaknya insiden di Etape 12, sebanyak 16 pembalap melakukan breakaway di sisa 140 kilometer. Vendrame termasuk di dalamnya. Pembalap 26 tahun ini mulai bermanuver di 18 kilometer pemungkas. Ia melaju bersama Hamilton, George Bennett (Jumbo-Visma) dan Gianluca Brambilla (Trek-Segafredo).

Vendrame mempercepat lajutnya di tiga kilometer tersisa. Hamilton pun mengejar. Mereka beradu sprint di 200 meter terakhir dan Vendrame berhasil mengalahkan Hamilton. Bennett finis ketiga dan Brambilla di posisi empat. Brambilla seharusnya di posisi tiga. Tapi ia turun satu peringkat karena manuver berbahaya terhadap Bennett.

"Saya sangat senang. Saya berlatih keras tahun ini dan saya membuat mimpi menjadi kenyataan. Saya telah mencoba memenangkannya pada 2019. Tapi saya hanya di urutan kedua setelah (Esteban) Chavez. Kemudian saya mencobanya lagi tahun lalu. Tapi saya justru berada dalam posisi yang buruk," ungkap Vendrame.

Kemenangan Vendrame adalah yang kedua untuk AG2R Citroën pada musim ini. Sebelumnya, skuad asal Prancis tersebut mengantarkan Aurélien Paret-Peintre menjuarai Grand Prix Cycliste la Marseillaise 2021. (mainsepeda)

Hasil Etape 12 Giro d'Italia 2021 (Top Ten)
1. Andrea Vendrame (Italia), AG2R Citroën 5 jam 43 menit 48 detik
2. Christopher Hamilton (Australia), Team DSM +0
3. George Bennett (Selandia Baru) Jumbo-Visma +15
4. Gianluca Brambilla (Italia), Trek-Segafredo +15
5. Giovanni Visconti (Italia), Bardiani CSF Faizane' +1:12
6. Geoffrey Bouchard (Prancis), AG2R Citroën +1:25
7. Nicolas Edet (Prancis), Cofidis +1:47
8. Simone Petilli (Italia), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +1:47
9. Mikkel Honoré (Denmark), Deceuninck-QuickStep +3:00
10. Simone Ravanelli (Italia), Androni Giocattoli-Sidermec +3:00

General Classification usai 12 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Egan Bernal (Kolombia), Ineos Grenadiers 48 jam 29 menit 23 detik
2. Aleksandr Vlasov (Rusia), Astana-Premier Tech +45
3. Damiano Caruso (Italia), Bahrain-Victorious +1:12
4. Hugh Carthy (Inggris), EF Education-Nippo +1:17
5. Simon Yates (Inggris), Team BikeExchange +1:22
6. Emanuel Buchmann (Jerman), Bora-Hansgrohe +1:50
7. Remco Evenepoel (Belgia), Deceuninck-QuickStep +2:22
8. Giulio Ciccone (Italia), Trek-Segafredo +2:24
9. Tobias Foss (Norwergia), Jumbo-Visma +2:49
10. Daniel Martinez (Kolombia), Ineos Grenadiers +3:15

Foto: RCS Sport, Bettini Photo


COMMENTS