Giro Bukan Hanya Bernal Kontra Remco

Peta persaingan di Giro d'Italia 2021 mulai tampak. Jika menilik tabel General Classification (GC), ada dua nama yang berada di daftar teratas, yakni Egan Bernal (Ineos Grenadiers) dan Remco Evenepoel (Deceuninck-QuickStep).

Tak ada race hari ini (18/5). Para pembalap memasuki masa istirahat selama sehari. Mereka akan melaju lagi Rabu (19/5) besok. Hingga berakhirnya Etape 10, Senin (17/5) kemarin, Bernal masih berada di puncak GC. Kemudian Evenepoel membuntutinya di posisi kedua. Mereka hanya terpaut 14 detik.

Unggulan lainnya seperti Hugh Carthy (EF Education-Nippo) berada di peringkat enam. Sedangkan Simon Yates (Team BikeExchange) di posisi sembilan. Vincenzo Nibali (Trek-Segafredo) yang diharapkan membanggakan tuan rumah Italia, justru tertahan di posisi 16. Terpaut lebih dari dua menit dari Bernal.

Sementara Mikel Landa yang seharusnya menjadi tumpuan tim Bahrain Victorious, angkat kaki lebih awal karena mengalami crash di Etape 5. Dengan pesaing utama yang belum menunjukkan taringnya, Bernal dan Evenepoel diyakini akan bersaing terus hingga pekan ketiga nanti. Dengan catatan tak ada kecelakaan atau semacamnya.

"Saya tidak melihatnya seperti itu," kata Bernal dilansir Cyclingnews. "Pada akhirnya pertarungan saya tidak hanya dengan Remco. Ada banyak pembalap kuat dengan banyak pengalaman. Giro bukan hanya pertarungan mental. Pembalap terkuat yang akan menang," tegas pembalap asal Kolombia tersebut.

Bernal dan Evenepoel memiliki kemiripan. Sama-sama baru pulih dari cedera. Bedanya, Bernal sudah membalap sejak awal tahun. Sementara Giro adalah balapan perdana Evenepoel pada musim ini. "Remco adalah pembalap yang hebat dan ia akan menjadi salah satu yang terkuat," sanjung Bernal.

Giro masih menyisakan sebelas etape. Sebagai pemuncak GC dan pemilik pink jersey, ia ingin mempertahankan statusnya selama mungkin. "Memiliki jersey ini membuat kami bermimpi. Jersey ini memberi kami sedikit lebih banyak kekuatan," kata pembalap 24 tahun itu.

"Tetapi kami harus berhati-hati karena kami memiliki lebih banyak tanggung jawab. Kami akan mencoba untuk tetap fokus karena masih ada setengah Giro yang harus diselesaikan. Kami ingin pergi ke Milan dengan jersey ini," tegasnya. (mainsepeda)

Foto: Getty Images


COMMENTS