Ewan Tinggalkan Giro demi Tour de France

Caleb Ewan (Lotto Soudal) meninggalkan Giro d'Italia 2021. Pembalap asal Australia ini memutuskan berhenti di tengah-tengah Etape 8 yang berlangsung Sabtu (15/5) malam. Kini ia bisa fokus pada partisipasinya di Tour de France 2021 yang akan dimulai bulan depan.

Ewan tampil bagus pada pekan pertama Giro 2021. Ia mengunci podium utama di Etape 5. Dua hari berselang, pembalap 26 tahun tersebut menang lagi di Etape 7. Dua kemenangan ini membuatnya memuncaki Points Classification dan berhak mengenakan maglia ciclamino.

Etape 8 dimulai dari Foggia menuju Guardia Sanframondi. Total jaraknya 170 kilometer. Menu utamanya adalah Bocca della Selva. Itu adalah tanjakan Kategori 2 sepanjang 19,6 kilometer dengan gradien 4,5 persen. Titik finis pun di puncak Guardia Sanframondi. Sebuah tanjakan Kategori 4 dengan kemiringan 6,7 persen.

Saat balapan tersisa 127 kilometer, sebuah notifikasi muncul di layar televisi. Tertulis bahwa Ewan mundur dari balapan. Spekulasi pun berseliweran di lini masa. Apalagi, pada saat yang hampir bersamaan, RAI melaporkan telah terjadi tabrakan ketika peloton memasuki terowongan.

Mulanya Ewan dilaporkan menjadi salah satu rider yang mengalami insiden tersebut. Namun kabar ini langsung disanggah. Menurut RAI, Ewan tidak ada dalam daftar pembalap yang mengalami kecelakaan. Namun eks rider Mitchelton-Scott ini tercecer sejak awal lomba.

Keputusan Ewan mundur dari Giro rupanya sesuai diprediksi. Setelah memenangkan Etape 7, Ewan mengaku bahwa fokusnya sudah beralih ke Tour de France. "Tujuan saya tetap sama untuk tahun ini, dan saya perlu melakukan yang terbaik untuk persiapan Tour de France," katanya seperti yang dilansir Cyclingnews.

"Sayangnya, kaki sprinter tidak pulih dengan cara yang sama seperti yang dilakukan pebalap lain. Jika saya menyelesaikan Giro, saya akan sekarat selama beberapa bulan ke depan," imbuh pengoleksi lima kemenangan etape di Giro tersebut.

Sekarang, setelah memutuskan berhenti di pekan pertama Giro, Ewan punya waktu enam pekan sebelum tampil di Brest pada 26 Juni nanti. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 42

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images


COMMENTS