Tom Dumoulin Come Back di Tour de Suisse

Selamat datang kembali untuk Tom Dumoulin. Superstar milik tim Jumbo-Visma tersebut akan melaju di Tour de Suisse yang akan dimulai pada 6 Juni nanti. Balapan ini akan menjadi event pertama bagi pembalap 30 tahun pada musim ini. Sekaligus mengakhiri masa cuti Dumoulin yang dimulai sejak 23 Januari lalu.

Mantan pembalap Team Sunweb (sekarang Team DSM) tersebut membuat kejutan awal tahun ini. Dumoulin mengumumkan cuti dari balap sepeda sebelum dimulainya musim balap 2021. Sebuah keputusan di luar prediksi banyak orang. Apalagi Dumoulin telah diplot untuk menjadi salah satu pemimpin di Tour de France musim ini.

Kala itu Dumoulin sedang berada di persimbangan. Ia telah kehilangan jati dirinya sebagai seorang pembalap profesional. Tekanan dan ekspektasi dari berbagai pihak membuatnya ingin melakukan yang terbaik untuk tim, sponsor, istri, maupun keluarga. Tapi, segala kerja keras yang dilakukan selama ini justru membuatnya lupa diri.

"Saya sudah cukup lama meragukan, berbulan-bulan, bahkan mungkin setahun ini, mengenai bagaimana saya harus menemukan jalan saya sebagai Tom Dumoulin sang pembalap sepeda," katanya saat itu. Hebatnya, skuad Jumbo-Visma mendukung penuh keputusan sang pembalap.

Durasi cuti Dumoulin ternyata tak terlalu lama. Cukup setengah tahun saja. Menurut Wielerflits, Dumoulin bakal comeback di Swiss pada awal Juni nanti. Tak lama setelah kabar ini booming, Jumbo-Visma memberi pernyataan resmi. Mereka membenarkan bahwa Dumoulin akan balapan lagi di Tour de Suisse.

"Tom Dumoulin akan kembali ke peloton di Tour de Suisse. Ia telah membuat keputusan ini bersama dengan tim karena ia baru-baru ini menemukan kegembiraan dalam bersepeda lagi. Januari lalu Dumoulin memutuskan untuk menghentikan sementara karirnya untuk merenungkan masa depannya," tulis tim WorldTour asal Belanda itu.

Jumbo-Visma menjelaskan, pembalap 30 tahun itu juga akan start di kejuaraan nasional Belanda. Tak hanya itu saja, Dumoulin juga berharap bisa membela negaranya di Olimpiade di Tokyo pada Juli-Agustus mendatang. Ia akan turun di nomor road dan time trial. Selain itu, ia juga ingin tampil di kejuaraan dunia road di Belgia pada akhir September nanti.

Dalam beberapa minggu terakhir, Dumoulin semakin sering terlihat di kampung halamannya di Limburg. Ia sering berlatih menggunakan sepeda time trial. Dumoulin adalah peraih medali perak di nomor time trial di Olimpiade 2016 silam. Setahun kemudian, Dumoulin menjadi juara dunia time trial 2017. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 42

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Cor Vos


COMMENTS