Kemenangan untuk Mikel Landa

Gino Mader (Bahrain Victorious) menjadi yang tercepat di Etape 6 Giro d'Italia 2021, Kamis (13/5). Victory ini membawanya menjadi pembalap Swiss ke-24 yang memenangkan etape di Giro. Hasil ini sekaligus menjadi persembahan untuk leader Bahrain Victorious, Mikel Landa yang mengalami crash di Etape 5 kemarin.

Etape 5 merupakan yang terberat bagi tim Bahrain Victorious. Mereka kehilangan Landa yang digadang menjadi pemenang Giro tahun ini. Pembalap asal Spanyol tersebut terpental dari sepedanya ketika lomba tersisa empat kilometer. Landa tak bisa melanjutkan balapan dan harus dilarikan ke rumah sakit.

Joe Dombrowski (UAE Team Emirates) dan Francois Bidard (AG2R Citroën) yang mengalami kecelakaan bersama Landa, memutuskan tidak start di Etape 6. Pavel Sivakov (Ineos Grenadiers) juga angkat kaki dari Giro setelah kecelakaan di Etape 5.

Setelah hari yang berat itu, tim Bahrain Victorious mendapatkan hadiah lewat kemenangan Mader di Etape 6. Tahapan ini menyuguhkan rute sejauh 160 kilometer. Pada pertengahan lomba, para pembalap harus melintasi tanjakan Kategori 2 di Forca di Gualdo sepanjang 10.5 kilometer dengan kemiringan 7,7 persen.

Finisnya juga nanjak di puncak San Giacomo yang terletak di Ascoli Piceno. Ini adalah tanjakan sepanjang 15,6 kilometer dengan gradien enam persen. Mader menyerang sejak tiga kilometer terakhir. Ia meninggalkan Dario Cataldo (Movistar) dan Bauke Mollema (Trek-Segafredo). Mereka memimpin lomba di sisa 100 kilometer.

Mader melaju sendrian saat melewati garis finis. Ia menyelesaikan balapan ini dalam 4 jam 17 menit 52 detik. Tiga pembalap top, Egan Bernal (Ineos Grenadiers), Dan Martin (Israel Start-Up Nation), dan Remco Evenepoel (Deceuninck-QuickStep) finis di belakangnya dengan selisih 12 detik.

"Itu bukanlah etape yang mudah dengan kondisi cuaca yang kurang bersahabat," bilang mantan pembalap NTT Pro Cycling itu.

Rider 24 tahun ini mempersembahkan kemenangan perdananya di Giro d'Italia untuk Landa. Katanya, kehilangan Landa adalah pukulan besar untuk Bahrain Victorious. Tapi di satu sisi mereka justru memiliki tambahan motivasi untuk unjuk kemampuan di Italia.

"Kemarin adalah hari yang menyedihkan dengan apa yang terjadi pada Mikel. Kamudian hari ini kami melanjutkan perjuangan di Giro untuk menghormatinya," bilang Mader.

Kemenangan ini sekaligus mengobati kekecewaannya atas hasil Etape 7 Paris-Nice 2021. Mader gagal menang setelah disalip Primoz Roglic (Jumbo-Visma) di 25 meter terakhir. "Sungguh menyenangkan karena saya akhirnya menang setelah kehilangan podium di Paris-Nice," bilangnya.

Attila Valter memuncaki GC dan berhak mengenakan pink jersey

Hasil Etape 6 merombak susunan pembalap di General Classification (GC). Attila Valter (Groupama-FDJ) kini naik ke puncak menggusur Alessandro De Marchi (Israel Start-up Nation). Valter menjadi pembalap Groupama-FDJ yang memuncaki GC setelah Bradley McGee di Giro 2004 silam.

Selanjutnya, pembalap kembali disuguhkan dengan medan yang cenderung flat di Etape 7, Jumat (14/5) waktu Indonesia. Lomba akan dimulai dari Notaresco menuju Termoli. Panjang rutenya 181 kilometer. Tahapan ini bisa menjadi santapan empuk para sprinter. (mainsepeda)

Hasil Etape 6 Giro d'Italia 2021 (Top Ten)
1. Gino Mader (Swiss), Bahrain Victorious 4 jam 17 menit 52 detik
2. Egan Bernal (Kolombia), Ineos Grenadiers +12
3. Dan Martin (Irlandia), Israel Start-Up Nation +12
4. Remco Evenepoel (Belgia), Deceuninck-QuickStep +12
5. Giulio Ciccone (Italia), Trek-Segafredo +14
6. Damiano Caruso (Italia), Bahrain-Victorious +25
7. Daniel Martinez (Kolombia), Ineos Grenadiers +25
8. Marc Soler (Spanyol), Movistar +27
9. Hugh Carthy (Inggris), EF Education-Nippo +29
10. Aleksandr Vlasov (Rusia), Astana-Premier Tech +29

General Classification usai 6 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Attila Valter (Hungaria), Groupama-FDJ 22 jam 17 menit 6 detik
2. Remco Evenepoel (Belgia), Deceuninck-QuickStep +11
3. Egan Bernal (Kolombia), Ineos Grenadiers +16
4. Aleksandr Vlasov (Rusia), Astana-Premier Tech +24
5. Louis Vervaeke (Belgia), Alpecin-Fenix +25
6. Hugh Carthy (Inggris), EF Education-Nippo +38
7. Damiano Caruso (Italia), Bahrain-Victorious +39
8. Giulio Ciccone (Italia), Trek-Segafredo +41
9. Dan Martin (Irlandia), Israel Start-Up Nation +47
10. Simon Yates (Inggris), Team BikeExchange +49

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 42

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: RCS Sport, Getty Images


COMMENTS