Merlier Menang di Novara, Ganna Tetap Pink

Tim Merlier (Alpecin-Fenix) memupuskan harapan dua jagoan tuan rumah untuk memenangkan Etape 2 Giro d'Italia 2021, Minggu (9/5) malam. Pembalap asal Belgia tersebut menang sprint di Novara. Merlier mengungguli Giacomo Nizzolo (Qhubeka Assos) dan Elia Viviani (Cofidis).

Selain Mathieu van der Poel dan Jasper Philipsen, Merlier merupakan tumpuan Alpecin-Fenix musim ini. Sprinter 28 tahun tersebut telah mengantongi tiga kemenangan musim ini di Le Samyn, Grote prijs Jean-Pierre Monseré, serta Bredene Koksijde Classic. Ia juga sukses finis ketiga di Dwars door Vlaanderen.

Giro d'Italia 2021 adalah balapan Grand Tour pertama untuknya. Debut Merlier berujung manis. Ia melanjutkan tren positif musim 2021 dengan merebut kemenangan di Etape 2 Giro, Minggu malam. Merlier menang sprint di Novara dengan catatan waktu 4 jam 21 menit dan 9 detik.

"Saya mendengar di radio bahwa kesempatannya ada di 100 meter sebelum finis. Itulah mengapa saya ingin memulai secepat mungkin. Saya tahu sprinter lain akan terkejut," katanya dalam wawancara dengan Sporza seusai lomba.

Etape 2 dimulai dari Stupinigi menuju Novara. Panjang rutenya 179 kilometer. Medannya flat sejak start. Balapan dibuka dengan aksi breakaway Umberto Marengo (Bardiani-CSF-Faizanè), Vincenzo Albanese (EOLO-Kometa), dan Filippo Tagliani (Androni Giocattoli-Sidermec).

Setelah cukup lama dibiarkan berada di depan, Albanese akhirnya tertangkap peloton di 74 kilometer menuju finis. Dua pembalap lainnya, yakni Tagliani dan Marengo baru kembali ke rombongan besar di sisa 26 kilometer. Kemudian semua pembalap bergabung dalam satu grup.

Setelah tim-tim mengatur kereta cepatnya, sprint pun dimulai di kilometer pamungkas. Pembalap Italia, Simone Consonni (Cofidis) memimpin untuk membuka jalan bagi Viviani. Tapi Viviani telah bereaksi ketika Merlier memulai sprint di 200 meter terakhir.

Merlier berhasil mempertahankan kedudukannya hingga menggapai garis finis. Mengungguli Nizzolo dan Viviani yang harus puas finis kedua dan ketiga. Kemenangan bersejarah untuk Merlier. Menurut Sporza, Meilier adalah rider Belgia pertama yang menang sprint di Giro sejak mendiang Wouter Weylandt.

Merlier sekaligus menjadi pembalap Belgia pertama yang memenangkan etape Giro di Novara sejak Eddy Merckx. "Itu membuat saya sedikit emosional. Saya sangat bangga. Tim saya bekerja sangat bagus hari ini. Mereka membawa saya di posisi terbaik di 20 kilometer terakhir," bilangnya.

Kemenangan Merlier tidak mengubah komposisi pembalap di sepuluh besar General Classification (GC). Pembalap tim Ineos Grenadiers Filippo Ganna masih berada di puncak. Juara dunia individual time trial (ITT) 2020 tersebut mengungguli duo Jumbo-Visma Edoardo Affini dan Tobias Foss.

Profil rute Etape 3 Giro d'Italia 2021

Ganna masih akan mengenakan pink jersey di Etape 3, Senin (10/5) malam. Tahapan ini menyuguhkan medan sepanjang 190 kilometer. Mmebentang dari Biella menuju Canale. Tak ada hambatan berarti selain dua tanjakan Kategori 3 dan satu tanjakan Kategori 4 di Manera. (mainsepeda)

Hasil Etape 2 Giro d'Italia 2021 (Top Ten)
1. Tim Merlier (Belgia), Alpecin-Fenix 4 jam 21 menit 9 detik
2. Giacomo Nizzolo (Italia), Qhubeka Assos +0
3. Elia Viviani (Italia), Cofidis +0
4. Dylan Groenewegen (Belanda), Jumbo-Visma +0
5. Peter Sagan (Slovakia), Bora-Hansgrohe +0
6. Matteo Moschetti (Italia), Trek-Segafredo +0
7. Filippo Fiorelli (Italia), Bardiani CSF Faizane +0
8. Lawrence Naesen (Belgia), AG2R Citroën +0
9. Davide Cimolai (Italia), Israel Start-up Nation +0
10. Caleb Ewan (Australia), Lotto Soudal +0

General Classification usai 2 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Filippo Ganna (Italia), Ineos Grenadiers 4 jam 29 menit 53 detik
2. Edoardo Affini (Italia), Jumbo-Visma +13
3. Tobias Foss (Norwegia), Jumbo-Visma +16
4. Remco Evenepoel (Belgia), Deceuninck-QuickStep +20
5. Joao Almeida (Portugal), Deceuninck-QuickStep +20
6. Rémi Cavagna (Prancis) , Deceuninck-QuickStep +21
7. Jos van Emden (Belanda), Jumbo-Visma +21
8. Maximilian Walscheid (Jerman) Qhubeka Assos +22
9. Matthias Brändle (Austria), Israel Start-up Nation +25
10. Gianni Moscon (Italia), Ineos Grenadiers +26

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 42

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images


COMMENTS