Giro d'Italia 2021 - Etape 1
Filippo Ganna Meraih Maglia Rosa Pertama
by - May 08, 2021

Giro d'Italia 2021 resmi dimulai Sabtu (8/5) malam. Ajang Grand Tour pertama musim ini dibuka dengan balapan time trial. Lomba dilaksanakan di sirkuit sepanjang 8,6 kilometer di Kota Turin. Pembalap tuan rumah Filippo Ganna (Ineos Grenadiers) menjadi yang tercepat di tahapan ini.

Ganna tanpa kesulitan mengatasi rute datar di Turin. Ia menyelesaikan lomba dengan catatan waktu terbaik, yakni 8 menit 47 detik. Sang juara dunia Individual Time Trial (ITT) 2020 itu mengungguli dua rider Jumbo Visma, yakni Edoardo Affini dan Tobias Foss.

Keberhasilan Ganna di etape pembuka ini sudah diprediksi. Tahun lalu Ganna memenangkan empat etape di Giro. Tiga di antaranya adalah balapan time trial. Sukses tersebut menjadikannya sebagai pembalap favorit di Giro tahun ini. Khususnya di lomba time trial.

"Sudah lama saya tidak berada di kursi panas ini. Akhirnya saya memenangkan etape ini. Saya di sini, dan saya sangat-sangat bahagia. Sekarang, kami memikirkan tentang hari esok. Kami akan memulihkan diri karena Giro telah dimulai. Balapan ini sangat sulit," kata Ganna seusai lomba.

"Saya mulai dengan radio kecil, tapi saya tidak mendengar apa-apa. Jadi saya berkata pada diri sendiri untuk tancap gas dan mendengarkan orang-orang di sepanjang jalan. Jika mereka mendukung saya, maka saya tahu saya melaju dengan cepat. Begitulah cara saya mendapatkan kemenangan yang luar biasa ini," ceritanya.

Tak hanya mengulang pencapaiannya tahun lalu, kemenangan di Etape 1 ini membuat rider 24 tahun tersebut merebut maglia rosa (pink jersey) pertama di Giro tahun ini. "Saya kembali bersemangat dan saya bahagia hari ini," imbuh mantan pembalap UAE Team Emirates itu.

Remco Evenepoel comeback setelah sembilan bulan menepi karena cedera

Selain Ganna, ada satu lama lain yang mencuri perhatian di Etape 1 ini. Ia adalah Remco Evenepoel. Pembalap tim Deceuninck-QuickStep ini finis ketujuh dengan selisih 19 detik di belakang Ganna. Hasil yang cukup baik mengingat ini adalah balapan pertamanya setelah absen sembilan bulan karena cedera.

Performanya yang solid di Etape 1 menandakan bahwa runner up kejuaraan dunia time trial 2019 ini sudah pulih. "Saya sangat senang. Saya tidak pernah bermimpi sebelumnya bahwa saya akan mencapai sepuluh besar di sini. Saya sangat emosional. Semua orang senang melihat saya balapan lagi," ucap Evenepoel kepada Sporza.

Profil rute Etape 2 Giro d'Italia 2021

Berikutnya, para pembalap akan melaju dari Stupinigi menuju Novara di Etape 2, Minggu (9/5) malam. Medan sepanjang 179 kilometer akan dilalui peserta. Rutenya benar-benar flat dan diprediksi akan menjadi santapan empuk bagi para sprinter. (mainsepeda)

Hasil Etape 1 Giro d'Italia 2021 (Top Ten)
1. Filippo Ganna (Italia), Ineos Grenadiers 8 menit 47 detik
2. Edoardo Affini (Italia), Jumbo-Visma +10
3. Tobias Foss (Norwegia), Jumbo-Visma +13
4. Joao Almeida (Portugal), Deceuninck-QuickStep +17
5. Rémi Cavagna (Prancis) , Deceuninck-QuickStep +18
6. Jos van Emden (Belanda), Jumbo-Visma +18
7. Remco Evenepoel (Belgia), Deceuninck-QuickStep +19
8. Maximilian Walscheid (Jerman) Qhubeka Assos +19
9. Matthias Brändle (Austria), Israel Start-up Nation +22
10. Gianni Moscon (Italia), Ineos Grenadiers +23

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 42

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images, Belga


COMMENTS